Sukses

Anak Alergi Susu

08 Jul 2017, 11:04 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat malam dok. Saya mau bertanya . anak seorang ibu yg baru punya 1 anak usianya baru 9 bulan.tapi anak saya sudah 2 bulan ini mengalami pilek dok,saya sudah beberapa kali membawanya ke Dokter dan smua dokter menjawab anak saya terkena alergi susu,dan mereka menyarankan saya untuk mengganti susunya ke chil mil php dan nan php.menurut dokter apakah benar anak saya alergi susu kalau memang alergi susu kenapa ga dari awal dan apakah ada merk susu selain susu yg disarankan ??? Makasi dok

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Alergi susu sebenarnya mungkin saja, alergi tersebut baru muncul beberapa bulan kemudian juga bisa, alergi tidak selalu muncul setelah pertama kali terpapar. Untuk merk maaf kami tidak bisa rekomendasi merk disini. Tetapi Anda bisa mengikuti saran dari dokter Anda. 

Perlu diketahui, pada anak dengan alergi susu sapi, pergantian formula awalnya dilakukan selama 2-4 minggu. Amati apakah ada perbaikan gejala atau tidak. Jika sudah membaik dalam 2-4 minggu, susu formula biasa dapat dicoba dengan pemantauan (uji provokasi). Jika sudah tidak terjadi gejala, artinya anak sudah toleran terhadap susu formula biasa. Namun jika masih menimbulkan gejala, maka pemberian formula pengganti perlu dilakukan selama minimal 6 bulan. Baru kemudian dicoba uji provokasi kembali.

Selain itu, apakah anak Anda sudah menjalani tes alergi? Kalau belum saya sarankan untuk coba lakukan. Karena mungkin saja alergi oleh hal lain.


Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar