Sukses

Berkumur dengan Air Bekas Tikus

08 Jul 2017, 07:59 WIB
Wanita, 19 tahun.

Selamat pagi Dok, saya mau tanya. Tadi pagi bak kamar mandi saya ada tikusnya. Saya tidak sengaja berkumur dengan air bekas tikus berenang. Saya dikasih tahunya setelah makan. Apa tidak apa-apa Dok? karena kumannya sudah masuk ke tubuh saya bersama makanan.

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar berkumur dengan air bekas tikus melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Tikus adalah salah satu hewan pengerat yang membawa berbagai macam penyakit. paparan makanan, cairan, atau benda sehari hari dengan tikus meningkatkan risiko berbagai penyakit diantaranya; hantavirus pulmonary  syndrome, demam perdarahan dengan sindrom ginjal, lassa fever, leptospirosis, limfotikkorio meningitis, dan salmonelosis.

Apabila anda terlanjur berkumur dengan cairan yang terkontaminasi tikus Anda harus meningkatkan daya tahan tubuh Anda karena belum ada antidotum atau zat penghilang efek tikus di sisi lain apabila sudah ada satu tikus tidak menutup kemungkinan dalam rumah Anda terdapat banyak tikus lainnya. 

Untuk bak mandi Anda disarnkan untuk segera dikuras dan dibersihkan menggunakan bahan desinfektan. untuk bagian lain di rumah Anda harus segera diinspeksi tempat tempat yang berpotensi tempat tinggal tikus. selalu jaga kebersihan makanan dan  minuman Anda jika perlu panggil pemberantas tikus dan tutup jalan -jalan yang dapat menjadi tempat masuknya tikus.

Apabila Anda mengalami gejala penurunan daya tahan tubuh segera hubungi dokter dan ceritakan riwayat paparan tikus pada dokter Anda.

Demikian kami sampaikan informasi seputar berkumur dengan air bekas tikus, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar