Sukses

Nyeri Dada Hilang Timbul

08 Jul 2017, 07:45 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat pagi dok... Saya mau tanya tentang sakit nyeri dada dok... Dada bagian tengah saya sering sakit nyeri kadang nyambung agak kekanan... Nyeri nya tidak menentu kadang sebulan sekali kadang 3bulan sekali ...nah 2 Minggu ini udah 2 kali nyeri ... Pas hari Senin kemarin dan Jumat ini...nyerinya terasa dari mulai malem jam 8an sampai pagi . Tapi pagi kadang sembuh ....setiap mau periksa ...paginya pasti sembuh...gejala apa ya dok... Soalnya bingung mau periksa rongsen apa gimana... Nyeri dada pas tengah ...kadang merembet ke kanan....riwayat saya belum pernah sakit maag...dulu pernah rongsen pas tes medical kerja dan kata dokter gak ada apa apa yg janggal tapi udah 2th lalu.. tapi sebelum itu sudah kerasa nyeri nya... Mohon pencerahan nya dok... Sebelumnya terimakasih dan maaf kalau kata2 kurang pas dan enak dibaca ...

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar nyeri dada hilang timbul melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Nyeri dada adalah salah satu gejala yang cukup sering menjadi penyebab seseorang berobat ke unit gawat darurat. Gangguan yang mungkin terjadi diantaranya:

- gangguan pada jantung, gangguan pada jantung yang menimbulkan gejala nyeri dada juga bermacam macam diantaranya; sindrom koroner akut(serangan jantung), perikarditis (infeksi selaput jantung), dan aortic dissection(robeknya pembuluh darah jantung). kasus nyeri dada pada jantung ini dalah kasus gawat darurat dan harus segera mendapat pertolongan medis.

- gangguan paru, gangguan pada paru juga seperti halnya pada jantung biasanya perlu bantuan medis dan beberapa diantaranya bersifat gawat darurat seperti; emboli paru, pneumotoraks, pleuritis, dan pneumonia.

- gangguan pada lambung dan hati, biasanya pada kasus gangguan ini dapat bersifat gawat namun pengobatan masih dapat dilakukan dalam beberapa waktu diantaranya, ulkus peptik, refluks lambung, batu empedu

- gangguan tulang dan otot, gangguan ini biasanya diawali adanya trauma atau beban pada tulang dan otot sekitar dada yang digunakan pada individu setelah batu keras juga seling mengalami gangguan otot dan tulang.

masih banyak hal yang harus diketahui dari nyeri dada yaitu selain lokasi, waktu kemunculan, karakter nyeri apakah di dalam dapat dilokalisir, penjalarannya, lama berlangsunya nyeri (pada jantung atau kasus gawat darurat biasanya dalam hitungan menit), gejala penyerta, serta beratnya nyeri. Apabila nyeri dapat ditahan dalam kurun yang lebih lama membaik dan timbul kembali biasanya gangguan berada pada lambung atau hati.

Pemeriksaan lanjutan diperlukan untuk memastikannya sehingga Anda dianjurkan berkonsultasi pada dokter spesialis penyakit dalam.

Demikian kami sampaikan informasi seputar nyeri dada hilang timbul, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar