Sukses

Sakit Kepala, Pergelangan Tangan, dan Gangguan Menstruasi

08 Jul 2017, 01:17 WIB
Pria, 20 tahun.

halo dok, saya monique, saat ini kegiatan yang saya jalani kuliah sambil bekerja (part time). umur saya 20 tahun. ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan ke dokter mengenai tubuh saya.. kadang-kadang di pergelangan tangan dekat nadi saya suka nyeri dan sakit, dan saya tidak tahu penyebabnya karena apa. kedua, saya suka merasakan pusing di bagian kepala saya, dan tiba-tiba penglihatan mata saya gelap.. seketika disini saya harus diam dan menutup mata, lalu stelah membukanya baru sudah netral. untuk mens juga saya tidak teratur, 1 bulan datang lalu 1 bulan tidak.. dan sekalianya datang sekrng tidak pernah merah darahnya melainkan darahnya hitam. yang paling saya merasa sakit yaitu dibagian kepala karena saya tidak tau karna apa tapi kepala saya suka pusing dengan tiba-tiba dok dan itu mengenai efek ke mata dan penglihatan saya. semoga dokter menjawabnya, trimakasih atas bantuannya dokter :)

Terima kasih telah bertanya seputar sakit kepala, pergelangan tangan, dan gangguan menstruasi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Ijinkan kami menjawab pertanyaan Anda dalam 3 bagian sesuai dengan keluhan anda.

Sakit Pada Pergelangan Tangan

Perlu diketahui bahwa nyeri pada pergelangan tangan dapat dicetuskan pada beberapa kondisi sebagai berikut:

Rematik

Merupakan peradangan bagian dalam kapsul sendi karena adnya antibodi abnormal yang justru menyerang bagian tubuh sendiri, yakni kapsul sendi. Penyakit rematik memang kerap menyerang sendi-sendi jari-jari dan pergelangan tangan. Biasanya penyakit ini menyerang lebih dari tiga sendi dan mengenai kedua tangan secara simetris pada waktu yang bersamaan. Jarang sekali penyakit ini mengakibatkan nyeri pada satu sendi saja

Trigger finger

Disebabkan oleh terjepitnya otot jari-jari di daerah telapak tangan. Gejala yang biasa dialami adalah nyeri pada pangkal jari tangan, terutama saat menggenggam. Jari seperti “tersangkut” ketika dilipat dan nyeri saat diluruskan kembali

Carpal tunnel syndrome

Disebabkan oleh terjepitnya saraf medianus di daerah pergelangan tangan. Gejala CTS yang lebih menonjol dibanding rasa nyeri adalah rasa tebal dan kesemutan pada ibu jari, telunjuk, jari tengah dan manis; jari kelingking tidak mengalami gejala semacam itu

Penyakit de Quervain

Muncul karena terjepitnya otot ibu jari tangan. Nyeri terasa di daerah pergelangan tangan di sebelah atas pangkal ibu jari. Rasa nyeri muncul saat tangan digunakan untuk menggenggam atau mengangkat sesuatu, seperti gayung untuk mandi.

Ketiga penyakit yang disebutkan terakhir lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria.

Sakit Kepala dan Penglihatan Mendadak Gelap

 

Terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Struktur kepala tertentu sensitif terhadap nyeri , sedangkan otak sendiri tidak sensitif terhadap nyeri . Strutur kepala tersebut adalah :

  • Kulit kepala
  • Aliran darah ke kulit kepala
  • Otot kepala dan leher
  • Pembuluh darah di rongga sinus
  • Pembuluh darah di daerah selaput otak
  • Serabut saraf otak ( saraf cranial V,IX,X )
  • Pembuluh darah besar di otak besar
  • Bagian dari selaput otak yang merupakan dasar dari otak

Gangguan yang terjadi pada salah satu struktur kepala tersebut dapat menyebabkan sakit kepala. Untuk memastikannya, tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sulit Untuk Kami menentukan penyebab keluhan Anda, jika hanya berdasarkan keluhan yang Anda utarakan.

Sementara ini, yang dapat Anda lakukan saat sakit kepala menyerang adala;

  • Minum obat penghilang rasa sakit
  • Istirahat

Apabila setelah minum obat penghilang rasa sakit dan istirahat, rasa sakit tidak berkurang bahkan makin hebat, segeralah datang ke Dokter terdekat atau dokter spesialis penyakit dalam atau spesialis saraf.

Gangguan Menstruasi

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 3-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Siklus menstruasi kurang dari 21 hari disebut polimenore. Sedangkan oligomenorea adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari. Menorrhagia adalah kondisi dimana darah haid berlebihan dan dapat lebih dari 7 hari; sedangkan metrorhagia adalah kondisi dimana siklus haid tidak teratur, kadang satu bulan bisa 2 kali, kadang 1 kali, bisa juga 3 kali.

Menstruasi tidak teratur dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama
  • menyusui
  • pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • stress psikologis
  • atlet
  • kekurangan vitamin K
  • penggunaan obat-obatan tertentu (seperti KB hormonal)
  • kelainan pembekuan darah
  • gangguan hormon tiroid
  • gangguan organ reproduksi, (seperti Polycystic Ovary Syndrome, infeksi ronggal panggul, dsb)

Untuk tatalaksana awal, cobalah beberapa tips dibawah:

1. Hindari Aktivitas Fisik yang Berat

Terlalu lelah adalah salah satu penyebab utama terlambatnya proses siklus menstruasi. Hal ini karena tubuh membutuhkan sejumlah energi untuk meneruskan proses menstruasi secara teratur. Ketika jumlah energi habis karena adanya aktifitas yang berat, maka menstruasi tidak datang tepat pada waktunya. Dan ketika siklus tidak lancar, maka sindrom pra-menstruasi datang mengancam. Untuk itu hindarilah kelelahan berlebihan. Tubuh setiap manusia memiliki ambang lelah yang berbeda-beda, tergantung dari ketahanan stamina tubuh seseorang. Stamina dapat dilatih dengan berolahraga secara teratur Untuk memulai, cobalah jogging selama 15 menit dahulu, kemudian dilatih untuk menambah waktu minimal hingga 30 menit sehari.

2. Hindari Stres

Di atas batang otak manusia, terdapat satu struktur yang disebut hipotalamus. Hipotalamus memiliki beberapa fungsi dan yang terpenting adalah menghubungkan sistem saraf dengan kelenjar endokrin melalui kelenjar hipofisis atau pituitasi. Hipotalamus mengatur berbagai tingkatan hormon, termasuk hormon-hormon reproduksi wanita, yaitu esterogen dan progesteron. Bila seorang wanita berada pada tekanan mental ekstrim seperti stres, maka produksi esterogen dan progesteronnya akan terganggu. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Sama dengan stamina, ambang stres setiap orang juga berbeda- beda tergantung dari ketahanan jiwanya. Ketahanan jiwa berhubungan dengan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, dengan melatih tubuh berolahraga teratur, tubuh akan menjadi lebih segar dan memiliki stamina yang baik sehingga tidak mudah terserang stres.

3. Asupan Gizi

Asupan nutrisi tepat untuk kebutuhan gizi tubuh sangat diperlukan. Karena status kualitas dari asupan nutrisi dan gizi mempengaruhi kinerja kelenjar hipotalamus yang memiliki peran mengendalikan kelancaran siklus menstruasi yang ada.

Sebaiknya untuk mengetahui secara pasti penyebab dari kondisi Anda, segera konsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan juga penunjang bila dibutuhkan.

Mengingat banyaknya keluhan yang Anda rasakan, Anda dapat konsultasikan kondisi Anda terlebih dahulu ke dokter spesialis penyakit dalam, atau sesuai dengan keluhan yang paling mengganggu menurut Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai sakit kepala, pergelangan tangan, dan gangguan menstruasi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar