Sukses

Garis Merah Pada Payudara dan Gejala Kanker Payudara

08 Jul 2017, 00:28 WIB
Pria, 18 tahun.

Selamat malam dokter, umur saya baru 18 tahun, saya ingin mengajukan pertanyaan, setelah saya membaca artikel tentang gejala kanker payudara stadium awal saya sangat khawatir, karena di payudara saya sebelah kiri ada garis kecil berwarna merah sekitar 2cm dan kedua payudara saya memiliki garis2 putih seperti menyerupai strechmark, namun dibagian paha, dan juga bokong saya banyak terdapaat strechmark, payudara saya juga agak kendur dok, saya sangat khawatir dengan hal ini, apakaah hal ini biasa karena saya mengalami kenaikan berat badan semenjak kelas 2 smp sekarang saya sudah kelas 3 smp, mohon penjelasannya dok, saya sangat khawatir dengan hal ini Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar garis merah pada payudara dan gejala kanker payudara melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sulit untu memastikan secara langsung penyebab garis merah tersebut tanpa memeriksanya secara langsung. Namun, salah satu penyebab garis merah pada payudara adalah stretch mark. Menghilangkan strech mark sangat sulit, yang dapat adalah dikurangi. Minimal disamarkan, tapi dihilangkan agak sulit. Karena pada dasarnya strech mark terbentuk karena pecahnya elastisitas kulit. Sehingga terbentuk garis-garis. Karena secara anatomi sudah rusak jd untuk dikembalikan lagi seperti semula agak sulit. Dapat dengan cara melakukan perawatan agar elastisitas kulit Anda dapat lebih baik dengan cara di pijat untuk memperbaiki selain alastisitas juga memperbaiki sirkulasi darah setempat. Namun, untuk memastikan diagnosis sebaiknya kelainan garis merah yang Anda maksud diperiksakan secara langsung.

Garis-garis tersebut bukan gejala kanker payudara. Berikut adalah ciri-ciri kanker payudara berdasarkan American Cancer Society:

  • Benjolan pada payudara atau daerah ketiak.
  • Bengkak pada seluruh atau sebagian payudara.
  • Peradangan atau luka pada kulit payudara.
  • Kerutan pada kulit payudara yang menyerupai kulit jeruk.
  • Rasa nyeri pada payudara.
  • Nyeri pada puting.
  • Puting payudara tertarik ke dalam.
  • Penebalan atau kemerahan pada puting.
  • Keluarnya cairan dari payudara (selain ASI), yang umumnya dapat berupa nanah atau darah.

Bila tidak ada keluhan seperti diatas, maka Anda kemungkinan tidak mengalami kanker payudara. Tetapi benar adanya bahwa seorang wanita perlu untuk waspada terhadap kanker payudara. Hal yang paling mudah untuk mendeteksi kanker payudara adalah dengan melakukan SADARI, yaitu Pemeriksaan Payudara Sendiri.

Dengan SADARI, wanita diharapkan mampu mendeteksi adanya perubahan pada payudara dan dapat segera memeriksakan diri ke dokter. Jika pada saat melakukan SADARI, ditemukan benjolan pada payudara atau perubahan dibandingkan bulan sebelumnya, itulah tanda untuk memeriksakan diri ke dokter.

SADARI dianjurkan untuk dilakukan setiap satu bulan sekali. Lakukan setiap setelah selesai haid, dan dapat dimulai sejak pertama mendapatkan haid atau sejak usia 12 tahun.

Berikut adalah langkah-langkah SADARI yang bisa Anda lakukan di rumah:

  1. Mulai pemeriksaan dengan berdiri di depan cermin. Angkat kedua tangan dan periksa apakah ada perubahan warna seperti kemerahan, kulit mengerut seperti kulit jeruk, atau bengkak pada payudara.
  2. Letakkan kedua tangan di pinggang dan periksa payudara seperti pada langkah pertama.
  3. Angkat satu tangan dan periksa payudara di sisi tangan tersebut dengan tangan yang lainnya. Tekan payudara dari atas ke bawah, mulai dari sisi yang paling luar kemudian mengarah ke dalam dengan tiga jari yang dirapatkan. Rasakan apakah ada benjolan.
  4. Dalam posisi yang sama, lanjutkan dengan menekan payudara secara melingkar (seperti spiral). Periksa payudara seperti pada langkah sebelumnya.
  5. Tekan payudara ke arah puting dengan kedua tangan seperti memijat dan lihat apakah ada cairan yang keluar.
  6. Pada posisi berbaring, lakukan kembali pemeriksaan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai garis merah pada payudara dan gejala kanker payudara. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar