Sukses

Pertanyaan Seputar Ketombe

07 Jul 2017, 21:39 WIB
Wanita, 17 tahun.

dok mau tanya. di kepala sering keluar ketombe tapi sangat berlebihan seperti kerak dan menurut saya seperti kulit kepala yg kering dan bisa dikupas.. bila digaruk atau menggunakan sisir sampai menempel pada sisir dengan jumlah yang banyak. setelah kramas jika sudah keringpun tetap sama, padahal ketika kramas sudah benar2 dibersihkan. ketika masih SD tidak berketombe sama sekali. bagaimana cara mengatasinya?

Terima kasih telah bertanya mengenai ketombe pada rambut menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Lapisan epidermis kulit kepala secara rutin akan berganti. Pada kebanyakan orang, pengelupasan kulit kepala atau penggantian lapisan epidermis ini tidak terlihat. Namun terdapat beberapa kondisi dimana pergantian sel tidak seperti biasanya atau sangat cepat. Untuk orang dengan ketombe, pergantian sel berlangsung dalam 2-7 hari, sementara bagi orang normal pergantian sel membutuhkan waktu 1 bulan. Hal ini mengakibatkan kulit kepala menjadi berminyak, berketombe dengan lapisan yang putih atau keabu-abuan.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi produksi ketombe pada rambut, termasuk:

· Kulit berminyak

· Stres

· Defisiensi imun (HIV)

· Kelelahan

· Kebersihan kulit kepala kurang

Bila Anda merasa bahwa keluhan ketombe pada rambut tidak kunjung mereda, kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin guna menentukan diagnosis dan penanganan yang paling sesuai bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ketombe pada rambut, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar