Sukses

Gigi Kuning dan Napas Berbau

07 Jul 2017, 10:29 WIB
Pria, 15 tahun.

Misi dok saya mao tanya .gigi saya kuning .padahal saya sudah sering sikat gigi.Dan nafas bau Gimana yah dok cara memutihkan gigi

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar gigi kuning dan napas berbau melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Gigi dapat berubah warna akibat pengaruh zat dari luar ataupun dalam mulut dan gigi. pewarnaan gigi dibagi menjadi :

- ekstrinsik yaitu pewarnaan bagian luar atau enamel gigi. biasanya disebabkan kopi, anggur, minuman soda, amkanan dan juga kebiasaan merokok. juga mempengaruhi bau mulut.

- intrinsik yaitu apabila struktur dari dalam gigi yaitu dentin lebih gelap atau kekuningan. penyebabnya diantaranya adanya paparan floride saat masa kanak kanak, penggunaan obat antibiotik tetrasiklin selama kehamilan, konsumsi antibiotik tetrasiklin ketika berusia 8 tahun, trauma yang mengenai gigi ketika kecil. lahir frngan kelainan dentinogenesis imperfecta (Sangat jarang)

- pengaruh usia yaitu kombinasi antara faktor intrinsik dan ekstrinsik

Bau mulut yang menyertai kelaianan warna gigi ini dapat merupakan kelainan sendiri akibat infeksi gigi dan mulut atau bagian dari gangguan pewarnaan gigi terutama akibat faktor ekstrinsik.

Pencegahan dan penatalaksanaan yang bisa dilakukan diantaranya yang dapat dilakukan diantaranya membilas mulut dengan minuman setelah meminum zat yang menjadi faktor ekstrinsik. menyikat gigi, flossing, berkumur setelah makan. dengan bantuan dokter gigi dengan bleaching.

 

Faktor ekstrinsik lebih mudah ditangani sendiri sendangkan faktor intrinsik biasanya memerlukan kontrol rutin dengan ahli.

bila cara cara diatas sudah dilakukan dan tidak perbaikan Anda disarankan berkonsultasi dengan dokter spesialis gigi dan mulut.

Demikian kami sampaikan informasi seputar gigi kuning dan napas berbau, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar