Sukses

Bintik-bintik di Kulit Apakah Herpes ?

07 Jul 2017, 12:47 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat pagi dok. Saat ini saya sedang berada di Taiwan untuk melakukan magang. Tetapi mulai dari minggu lalu saya mendapatkan gejala penyakit yg aneh. Berikut gejalanya: 1. Kulit gatal-gatal dan ada bintik2 hitam bergerombol merah (seperti biang keringat) tp tdk di seluruh tubuh. Hanya bergoup di beberapa wilayah saja. 2. Sakit tenggorokan yg sudah hampir seminggu 3. Batuk 4. Flu 5. Cepat lelah, lemas, dan sering mengantuk di pagi hari 6. Nyeri sendi lutut (terkadang) 7. Berat badan menurun 8. Ada bintik2 seperti biang keringat di bibir tp kecil-kecil 9. Ada bintik2 seperti biang keringat di kemaluan (tp sudah hilang) Kira-kira itu gejala sakit apa ya dok? Saya khawatir itu Herpes. Krn pada saat summer begini bnyk sekali orang2 Taiwan yg terkena Herpes gatal-gatal. Mohon bantuan diagnosa nya agar saya dapat kepastiian dan merasa lebih tenang.

dr. Rio Aditya

Dijawab Oleh:

dr. Rio Aditya

Terima kasih telah bertanya mengenai bintik-bintik di kulit melalui fitur Tanya Dokter

Bintik-bintik di sekitar kemaluan dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti infeksi jamur, infeksi virus atau alergi. Penyakit yang Anda alami belum tentu herpes.

Herpes genitalis merupakan bintil-bintil berisi cairan jernih atau bernanah, berkelompok di atas kulit yang memerah. Jika pecah maka akan terasa nyeri. Dapat disertai dengan demam, rasa lemas dan tidak nafsu makan. Penyakit ini merupakan infeksi menular seksual dan disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe II. Namun, pada pelaku seksual oral, infeksi di daerah genitalia dapat juga disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe I.

Virus herpes memiliki masa inkubasi 3-5 hari, setelah itu pada daerah kemaluan akan timbul gerombolan vesikel (bintil berisi cairan bening), di atas kulit kemerahan dan dirasakan nyeri, bila pecah meninggalkan bekas. Sering disertai pembesaran kelenjar yang nyeri.Setelah terjadinya infeksi pertama, yang ditandai dengan timbulnya gelembung berkelompok berisi cairan yang terasa nyeri di mukosa mulut, wajah atau alat kelamin, maka virus tersebut akan bermigrasi masuk ke dalam saraf tepi dan akan terus menetap (berdormansi) di saraf tersebut hingga suatu saat virus tersebut aktif kembali. Pengaktifan kembali virus tersebut dapat terjadi akibat penurunan daya tahan tubuh, infeksi, stress, trauma (kecelakaan), dll.

Penularan terhadap orang sekitar dapat terjadi saat infeksi HSV sedang aktif, yaitu pada saat terdapat keluhan berupa gelembung berkelompok berisi cairan yang terasa nyeri. Penyakit sembuh dalam 2-3 minggu. Penyakit ini tidak mengancam nyawa pada orang dewasa namun sering kumat, timbul pada tempat yang sama dan biasanya lebih ringan dari gejala infeksi pertama. Penularannya hampir selalu terjadi melalui hubungan seksual.

Namun untuk lebih memastikan kelainan yang Anda miliki sebaiknya Anda segera berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai bintik-bintik di kulit, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar