Sukses

Telunjuk Tremor atau Bergetar

07 Jul 2017, 10:29 WIB
Wanita, 17 tahun.

Assalamualaikum, dok. Sekarang saya berumur 17 tahun, sudah 2 hari ini jari telunjuk tangan kanan saya bergetar tiba-tiba, biasayanya saat memegang atau saat menunjuk. Itu sebenarnya kenapa ya, dok? Terus bahaya atau tidak?

Dr. Fatimah Sania

Dijawab Oleh:

Dr. Fatimah Sania

Terima Kasih sudah bertanya seputar telunjuk tremor atau bergetar melalui Fitur Tanya Dokter di Klikdokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Telunjuk bergetar atau tremor adalah suatu kondisi yang bisa jadi suatu variasi normal ataupun abnormal. pertama tama, tremor atau getar otot adalah suatu fenomena gerakan tanpa tujuan akibat adanya stimulasi tersinkronasi yang tidak beraturan oleh saraf.

Tremor atau getar otot normal, biasanya merupakan tremor halus yang biasanya sulit dilihat menggunakan mata dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. biasanya penyebabnya tidak diketahui namun tidak berkaitan dengan penyakit.

Tremor tidak normal atau patologis biasanya dapat diamati dengan mata. biasanya mengganggu kegiatan sehari hari. biasanya tremor jenis ini erkaitan dengan kondisi medis tertentu. biasanya tremor abnormal ini dapat diamati pada bagian ujung dari tubuh seperti tangan dan jari-jari.

Tremor abnormal dibagi menjadi ;

- tremor istirahat pada penyakit parkinson

- tremor aksi, ketika otot digerakan 

- intention tremor (ataxic) terjadi terutama ketika memgerjaka pekerjaan utamanya di akhir gerakan.

- rubral tremor adalah jenis gerakan intens bila ingin menggerakan otot sehingga tremot tampak masif

Pengobatan tremor yang abnormal ini biasanya bergantung dari penyebab tremor dapat berupa obat obatan ataupun tindak operatif. oleh karena itu Anda disarankan untuk memeriksakan lebih lanjut kondisi Anda ke dokter spesialis saraf.

Demikian kami sampaikan informasi seputar telunjuk tremor atau bergetar, semoga informasi ini bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar