Sukses

Keringat Malam dan Sesak Nafas

07 Jul 2017, 08:21 WIB
Pria, 20 tahun.

maaf dok mau tanya ,kakek saya usia kisaran 85 tahun ,dia sering ngeluh sering ke bangun malem malem terus badan keringatan semua dan sesak nafas itu gejala apa ya dok ? tambah lagi dia susah pup ,terimakasih dok

Terima kasih telah bertanya tentang tuberkulosis paru melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Keluhan keringat malam dan sesak nafas yang dialami kakek Anda dapat menandakan adanya penyakit tuberkulosis paru. Di samping itu, gejala lain dapat berupa batuk berdahak lebih dari 2-3 minggu, batuk berdarah, nyeri dada, rasa lemah, letih, berat badan menurun, nafsu makan menurun, serta demam yang hilang timbul. Apakah kakek Anda mengalami gejala-gejala ini juga?

 

Untuk mendiagnosis seseorang mengalami TB paru atau tidak, selain dari gejala yang ada, juga melalui pemeriksaan penunjang sebagai berikut:

  • Pemeriksaan Rontgen Dada
  • Pemeriksaan Dahak SPS (sewaktu pagi sewaktu)
  • Pemeriksaan Darah

Bila hasil pemeriksaan dahak hanya 1 dari 3 yang positif, maka diperlukan foto rontgen dada untuk menunjang diagnosis. Bila 2 dari 3 atau seluruhnya positif, sudah bisa dipastikan mengalami tuberkulosis paru.

Tuberkulosis paru diobati dengan obat anti tuberkulosis (OAT) yang diberikan secara 6 bulan dan harus diminum setiap hari secara teratur. Obat yang tidak diminum secara teratur dapat menyebabkan resistensi (kekebalan) kuman. Jika sudah terjadi resistensi, OAT tidak ampuh lagi membunuh kuman TBC dan kondisi ini akan memperparah penyakit TBC yang diderita.

Kami sarankan agar kakek Anda segera dibawa ke dokter spesialis paru atau penyakit dalam untuk dievaluasi penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar tuberkulosis paru. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar