Sukses

Benarkah Kolesterol Tinggi Bergejala?

07 Jul 2017, 06:06 WIB
Pria, 33 tahun.

Dok ,saya pendrita GERD semenjak 1 tahun kemarin dan rutin kosumsi obat dari sppd hingga sekarang. Masalahnya pas dah 4 hari kemarin pundak,leher,lengan terasa kaku seperti ditarik,dan kepala agak terasa pusing. kadang badan terasa seperti kesetrum. setelah periksa ke dokter, saya dinyatakan kolestrol tinggi. padahal saya tidak disuruh cek lab. dan di beri obat Neurodex 2×sehari,Atorvastatin 20mg 1×1 sebelum tidur. berselang 1 hari ada hasil , pundak udah gak kaku lagi,cm agak pusing aja.Apa betul dok saya emg terkena kolestrol tinggi? Dan bolehkah kedua obat kolestrol tsb saya minum dengan obat GERD saya seperti Nucral suspensi sirup dan Lanzoprazol. Mohon petunjuknya Dok. Terimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar kolesterol melalui fitur Tanya Dokter.

Kolesterol merupakan zat seperti lilin yang ditemukan di dalam lemak darah Anda. Sebenarnya kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun sel tubuh yang sehat, namun memang apabila kadarnya berlebihan dapat meningkatkan risiko mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah.

Kolesterol dibagi menjadi 2 yaitu kolesterol "baik" (HDL) dan kolesterol "jahat" (LDL). Mengetahui kadar kolesterol LDL Anda lebih penting daripada sekedar nilai kadar kolesterol total. Sebab, kolesterol LDL ini lebih bermakna dalam mengetahui faktor risiko Anda mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah.

Seseorang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi seringkali tidak menunjukkan gejala apapun. Kalaupun ada, gejala yang timbul merupakan gejala penyakit yang membuat kadar kolesterol menjadi tinggi atau sebaliknya kolesterol tinggi menimbulkan penyakit tertentu. Misalnya bila seseorang sudah mengalami diabetes, atau hipertensi, atau stroke, atau penyakit jantung.

Untuk mengetahui kadar kolesterol yang sesungguhnya (dan untuk melihat apakah perlu diberikan obat atau tidak) hanya melalui pemeriksaan laboratorium.

Selengkapnya dapat Anda baca di sini: Tentang Kolesterol dan Asam Urat Tinggi.

Kami sarankan agar Anda mengecek profil lemak darah Anda (kolesterol total, LDL, HDL, dan trigliserida) untuk melihat apakah memang kadar kolesterol Anda tinggi. Bila kadar LDL (kolesterol jahat) di atas 160, baru sebaiknya Anda mengonsumsi obat kolesterol (Atorvastatin). Namun demikian, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda terlebih dulu setelah mendapatkan hasil dari laboratorium.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kolesterol. Semoga bermanfaat. (FA)

0 Komentar

Belum ada komentar