Sukses

Ketika Hasil Analisis Sperma Menunjukkan Azoospermia

07 Jul 2017, 05:26 WIB
Pria, 39 tahun.

Dok buah zakar saya pernah kebentur apakah masih bisa berfungi karna saya udah menikah 4 tahun belum punya momongan dan pernah di cek sperma hasilnya azoospermia dan pengecekan buah zakar ke dokter apa makasih

Terimakasih telah bertanya tentang azoospermia melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Benturan ringan jarang menimbulkan gangguan produksi sperma kecuali benturan tersebut menimbulkan kerusakan jaringan yang luas sehingga sebagian besar menjadi jaringan parut. Apakah Anda sudah pernah memeriksakan buah zakar Anda terkait hal ini?

Azoospermia yaitu suatu keadaan dimana tidak ditemukan sperma dalam cairan ejakulat (semen). Cairan ejakulat adalah cairan yang keluar saat seorang pria ejakulasi. Sperma adalah sel yang diperlukan untuk membuahi sel telur pada proses fertilisasi. Penyebab dari azoospermia dapat berbagai macam, yaitu akibat sumbatan saluran sperma, atau akibat penurunan produksi sperma dalam buah zakar. Untuk mengetahuinya, perlu dilakukan serangkaian pemeriksaan meliputi pemeriksaan fisis langsung, pemeriksaan sperma, hingga pemeriksaan hormon.

Dengan tidak adanya sperma yang dibutuhkan untuk membuahi sel telur, tentu tidak akan terjadi kehamilan. Namun azoospermia akibat sumbatan saluran sperma masih dapat diperbaiki dengan jalan operasi, sedangkan azoospermia akibat penurunan produksi sperma tidak. Meskipun operasi dilakukan juga tidak dapat menjamin 100% kesuburan seorang laki-laki. 

Kami sarankan agar mengonsultasikan hasil analisis sperma ini kepada dokter spesialis andrologi atau urologi agar didapat informasi yang lengkap dan jelas.

Baca juga: Sperma Tidak Bergerak Maju, Bagaimana Solusinya?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar azoospermia. Semoga bermanfaat. (FA)

 

0 Komentar

Belum ada komentar