Sukses

Penyebab Susah Hamil

07 Jul 2017, 05:27 WIB
Wanita, 23 tahun.

Assalamu'alaikum.. Dokter saya wanita 23 tahun yang sudah bersuami. Suami saya berumur 27 tahun kami menikah sudah 6 bulan tapi belum dikaruniai anak. Saya mau tanya dok, kami pernah berhubungan suami-istri dan sperma suami saya emang sengaja gak erupsi didalam nah saya lihat sperma suami saya itu seperti ada jelly nya seperti ada remukan puding dan warna nya bening keputihan. Pertanyaan saya itu normal apa tidak ya dok apa mungkin itu yang menyebabkan kami susah dapet anak? Mohon dijawab dok terima kasih.

Terimakasih telah bertanya tentang penyebab susah hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami keinginan Anda untuk memiliki keturunan.

Cairan sperma normal berwarna putih keabuan dengan konsistensi seperti gel. Volume normal cairan sperma dalam satu kali ejakulasi adalah 2-5 mL. Jadi yang suami Anda miliki sepertinya normal saja, meskipun kualitas sesungguhnya baru bisa diketahui dari pemeriksaan analisis sperma.

Definisi sulit memiliki anak yang terkait infertilitas primer (ketidaksuburan) pada kasus Anda belum terpenuhi karena belum menikah selama 1 tahun. Secara medis, infertilitas primer diartikan sebagai belum hamil setelah 1 tahun menikah, dengan catatan hubungan intim dilakukan secara rutin dalam frekuensi 2-3 kali/minggu. Bila frekuensi hubungan intim kurang dari itu, tidak bisa dikatakan infertil (tidak subur).

Ada beberapa faktor yang membuat pasangan sulit memiliki keturunan, yaitu:

Faktor wanita:

  • Kelainan ovulasi (produksi sel telur) --> nampaknya ini berhubungan dengan haid Anda yang jarang
  • Kelainan rahim (kanker, endometriosis, mioma, perlekatan rahim ke organ dalam perut) --> mungkin ini berhubungan dengan sering sakit perut yang dialami
  • Tidak normalnya jumlah lendir pada vagina akibat pengaruh hormon sehingga dapat menghambat perjalanan sperma untuk bertemu dengan sel telur.
  • Gangguan haid baik haid yang tidak teratur maupun tidak haid.

Faktor pria:

Untuk menentukan penyebabnya diperlukan pemeriksaan baik pada pria maupun wanita. Pada pria dapat dilakukan pemeriksaan analisis sperma. Sedangkan pada wanita dapat dilakukan antara lain USG, HSG (Histerosalpingografi) untuk menentukan ada tidaknya sumbatan saluran telur, analisis hormon, dan laparoskopi (teknik melihat ke dalam perut tanpa tindakan pembedahan besar).

Bila Anda ingin hamil, kami sarankan untuk memeriksakan diri dan pasangan ke dokter kandungan konsultan fertilitas (SpOG-KFER).

Baca juga: 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan penyebab susah hamil. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar