Sukses

Penyebab Anak Masih Mengompol

07 Jul 2017, 03:36 WIB
Pria, 36 tahun.

met malm dok mau tanya anak saya umur 11 th masih ngompol terkdang semalam bisa ngak ngompol, terkadang ngompol .dulu dia pernah divonis ama dokter rs, kasih ibu solo adenoid tp menjelang operasi adenoidektomi dia takut akhirnya ngak jai.apa adenoid dengan mgompol nya dia ada hubungannya.terima kasih banyak sebelumnya dok?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Berikut ini beberapa penyebab anak belasan tahun masih mengompol:

Keturunan
Studi membuktikan bahwa faktor keturunan dapat menjadi penyebab seseorang mengompol (pada enuresis primer). Jika kedua orangtua memiliki riwayat mengompol, maka 77% anaknya akan mengompol.

Persentase tersebut akan turun menjadi 44% apabila hanya terjadi pada salah satu orangtua. Namun, mengompol masih dapat terjadi pada 15% anak tanpa riwayat mengompol pada kedua orangtuanya.

Gangguan hormonal
Suatu hormon yang disebut hormon antidiuretik (ADH) dapat menyebabkan produksi urine menjadi lebih sedikit pada malam hari. Namun, pada beberapa kasus tubuh anak tidak membuat cukup ADH. Artinya, tubuh mereka dapat menghasilkan terlalu banyak urine saat sedang tidur.

Masalah Kandung Kemih
Pada beberapa anak dengan enuresis, terlalu banyak kejang otot dapat mencegah kandung kemih untuk mempertahankan jumlah normal urine. Beberapa remaja dan orang dewasa juga memiliki kandung kemih yang relatif kecil, sehingga tidak bisa menahan jumlah urine yang besar.

Masalah tidur
Beberapa anak mungkin tidur begitu nyenyak dan dalam, sehingga mereka tidak bangun ketika kandung kemih sudah penuh dan harus buang air kecil.

Kafein
Zat kafein yang ada pada teh, kopi, kola dan cokelat memiliki efek diuretik yang membuat produksi urine meningkat. Anak-anak yang mengonsumsi kafein juga dapat menyebabkan tidak bisa menahan buang air kecil / mengompol.

Karena itu, jika anak Anda masih mengompol, segera cari tahu penyebabnya agar bisa diobati dengan tepat.

Demikian, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar