Sukses

Bangun Tidur Ludah Bercampur Darah Saat Sedang Hamil

06 Jul 2017, 23:14 WIB
Pria, 25 tahun.

Assslammualaikum dok.. Saya ima Saya sedang hamil menginjak 4 bulan Setiap bangun tidur ludah saya berasa asam berwarna keruh dan bercampur darah setelah saya meludah lagi 3X setelah bangun tidur itu ludah saya sudah g keluar darah pada saat keluar ludah campur darah saya mengaca apa ada gigi yg keluar darah dan ternyta tidak ada Terus penyebabnya apa ya dok ? Memang daerah ulu hati saya sering sakit selama saya hamil ini Terus apa yg harus saya lakukan?dan harus konsultasi ke dokter apa dengan posisi saya hamil 4bln? Apakh kalau ludah campur darh itu tertelan ,apa berdampak negatif pada janin saya ? Terimakasih dok?maaf jika pertNyaanya terlalu bulet dan panjang

Terimakasih telah bertanya seputar bangun tidur ludah bercampur darah saat sedang hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Gusi yang bermasalah biasa dikaitkan dengan kebersihan rongga mulut yang tidak baik dimana terdapat banyak plak dan karang gigi. Pada ibu hamil hal ini dikaitkan dengan perubahan hormonal yang terjadi mengiringi kehamilan. Keadaan ini disebut juga gingivitis kehamilan yang terjadi pada lebih dari 50% wanita hamil dan biasanya timbul antara bulan ke dua dan delapan, biasanya makin parah pada trimester kedua.

Gusi yang sudah bermasalah sebelum masa kehamilan dapat menjadi lebih parah ketika hamil. Kadar hormon pada masa kehamilan membuat gusi menjadi lebih sensitif terhadap plak. Setelah masa kehamilan dan melahirkan gusi akan menjadi normal kembali tetapi apabila keadaan tidak berubah maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi.

Gejala gejala gingivitis pada wanita hamil :

- Gusi bengkak.
- Gusi berwarna kemerahan.
- Gusi terasa sakit dan lebih sensitif.
- Gusi mudah berdarah, seperti saat menyikat gigi.

Cara mencegah gingivitis saat kehamilan :

- Menjaga kebersihan gigi dan mulut, dengan menyikat gigi 2 kali sehari, membersihkan selah-selah gigi dengan bantuan benang gigi atau dental floss.
- Berkumurlah setelah muntah, guna mentralisir asam dari cairan muntah tersebut.
- Kontrol ke dokter gigi, minimal 1 kali dalam masa kehamilan. Jangan jadikan kehamilan sebagai alasan untuk tidak pergi ke dokter gigi, justru kontrol ke dokter gigi harus dilakukan pada saat masa kehamilan.
- Gunakanlah sikat gigi yang berbulu lembut guna memperkecil resiko iritasi pada gusi yang sedang sensitif.
- Konsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi baik bagi kehamilan.
- Apabila keadaan ini terjadi pada anda sebaiknya jangan dibiarkan, karena gingivitis masa kehamilan dapat berlanjut menjadi keadaan yang lebih serius yaitu berupa penyakit gusi periodontitis. Penyakit periodontitis ini memiliki resiko sebagai penyebab terjadinya kelahiran prematur.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bangun tidur ludah bercampur darah saat sedang hamil, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar