Sukses

Seputar Hepatitis B

06 Jul 2017, 14:07 WIB
Pria, 27 tahun.

Malam dok istri saya terkena hepatitis b. Terus kata dokter daya tahan tubuh nya belum melawan virus hepatitis nya apa artinya ya dok....? Terus apakah saya istri dan anak masih bisa tidur seranjang...? Saya dan anak sudah dalam kondisi di vaksin hepatitis....?

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya dokter.

Hepatitis Virus tipe B (HVB) dapat menular melalui darah dan cairan tubuh manusia yaitu kontak seksual, penularan dari ibu ke janin dalam kandungan dan melalui suntikan atau transfusi darah yang tercemar virus Hepatitis B, seperti pengguna narkoba suntik, pengguna alat kesehatan (jarum, pisau, gunting) yang tidak disterilkan sempurna, tindik, tato, pisau cukur, gunting kuku yang tidak steril.

Berbeda dengan Hepatitis A, virus Hepatitis B pada sebagian orang dapat menyebabkan Hepatitis B kronis, menyebabkan gagal hati, kanker hati atau sirosis yaitu kondisi yang menyebabkan jaringan parut permanen di hati.

Tanda dan gejala Hepatitis B biasanya muncul sekitar 3 bulan setelah terinfeksi dan dapat berkisar dari ringan sampai parah. Tanda dan gejala Hepatitis B hampir sama dengan hepatitis A, yaitu:

- Sakit perut
- Urine gelap
- Demam
- Nyeri sendi
- Kehilangan nafsu makan
- Mual dan muntah
- Kelemahan dan kelelahan
- Kulit menguning dan bagian putih mata (jaundice).

Kebanyakan orang yang terinfeksi Hepatitis B di saat dewasa sepenuhnya pulih. Namun bayi dan anak-anak jauh lebih mungkin untuk mengembangkan infeksi Hepatitis B kronis. Belum ada obat untuk hepatitis B namun vaksin dapat mencegah penularan penyakit ini.

Penyakit Hepatitis B bukan tidak bisa disembuhkan, namun proses pengobatannya biasanya dilakukan dalam jangka waktu lama atau bahkan seumur hidup. Jika tidak diobati, hepatitis B bisa berkembang menjadi sirosis dan kanker hati. Tingkat keparahan sebuah penyakit dapat dilihat dengan ada atau tidaknya gejala penyerta seperti yang disebutkan diatas.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar