Sukses

Benjolan Vagina Pasca Melahirkan

06 Jul 2017, 08:31 WIB
Pria, 24 tahun.

Selamat malam dok, saya mau tanya,, di vagina saya tumbuh benjolan seperti daging yg lentur, macam kantung berisi yg berwarna coklat tua, benjolan ini tumbuh stelah saya melahirkan 5tahun yg lalu.. Awalnya hanya benjolan kecil, tapi sekarang tumbuh membesar. Membuat tidak nyaman, itu namanya apa dok? Mohon bantuan nya

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan pada jalan lahir melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayangnya untuk dapat membantu Anda lebih baik, kami membutuhkan informasi mengenai gambaran benjolan, ukuran, konsistensi, nyeri tekan/tidak, tepi, warna kulit, dan sebagainya. Begitu pula dengan cara persalinan yang dilakukan, apakah secara normal?Informasi tersebut paling baik didapat melalui pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter.

Benjolan di vagina dapat disebabkan beberapa hal, seperti:

  • Kista Bartholin (kista bibir vagina akibat sumbatan kelenjar yang mengeluarkan pelumas untuk vagina, kista ini awalnya tidak nyeri, tetapi bila terinfeksi dapat membesar dan nyeri)
  • Infeksi virus herpes (Benjolan kecil berisi air, gatal, dan nyeri)
  • Prolaps Uteri (keadaan otot penyangga rahim yang makin lemah, sehingga menimbulkan keluhan seperti teraba benjolan, atau massa keluar dari vagina yang dapat dimasukkan manual)
  • Rectocele/ cystocele (kelemahan dinding vagina sehingga dalam saluran vagina dapat teraba benjolan yang merupakan tonjolan dari organ sekitar vagina, yaitu dinding kandung kemih atau rektum)
  • Moluskum Kontagiosum (Benjolan kecil yang dapat menyebar hingga lipat paha, dan gatal. Bila ditekan dapat keluar cairan seperti jerawat)

Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda secara pasti, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai benjolan pada jalan lahir. Semoga bermanfaat. Salam sehat

0 Komentar

Belum ada komentar