Sukses

Dampak Buruk Gigi Dicabut Tidak Diganti Gigi Palsu

05 Jul 2017, 22:51 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok, gigi geraham saya sudah dicabut satu kanan dan satu kiri. Apakah ada efek berarti setelah gigi tsb dicabut? Apa perlu dilakukan implan gigi pada lokasi tsb? Terima kasih

Terimakasih telah bertanya seputar dampak buruk gigi dicabut tidak diganti gigi palsu melalui fitur Tanya Dokter.

Pencabutan gigi yang sesuai prosedur dan sesuai indikasinya tidak akan menimbulkan efek negatif pada jaringan sekitarnya dan juga tubuh. Efek samping jangka panjang dari pencabutan gigi yang tidak digantikan dengan gigi palsu adalah gigi sebelahnya akan cenderung miring atau bergeser ke arah gigi yang hilang, dan jika yang dicabut adalah gigi bawah maka biasanya gigi atas akan turun karena gigi lawan sudah tidak ada dan sebaliknya. Gigi yang sudah turun akan membuat celah diantara gigi sebelah-sebelahnya, makanan akan sering masuk dan terjebak diantaranya. Anda akan cenderung berusaha untuk mengeluarkannya, biasanya dengan tusuk gigi. Namun tusuk malah dapat menimbulkan resiko lainnya. Sisa kotoran malah akan makin terdorong masuk ke saku gusi dan celah gigi. Jika tidak dibersihkan dengan maksimal maka bisa terjadi karies atau lubang gigi di bagian samping gigi bahkan dibawah gusi. Idealnya gigi yang telah dicabut tersebut harus dibuatkan gigi tiruan.

Kami menyarankan agar sebaiknya Anda konsultasikan secara langsung dengan dokter gigi Anda mengenai pembuatan gigi tiruan yang diperlukan untuk menggantikan fungsi gigi Anda yang telah dicabut.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai dampak buruk gigi dicabut tidak diganti gigi palsu, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar