Sukses

Nyeri Ulu Hati, Pasti Maag?

05 Jul 2017, 16:44 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dok 😊 saya ingin bertanya apabila sakit ulu hati. Perut kembung . Ulu hati keras. Sesak nafas apabila berjalan sakit saking sakiynya berjalan agak bongkok tidak bisa tegak.. itu kenapa dok ? Termasuk penyakit maag atau ada yang lainnya? Dan apabila maag sekiranya dengan tanda dan gejala seperti itu sudah parah atau tidak.. terimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang maag melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf baru menjawab pertanyaannya

Maag atau bisa juga disebut sebagai dyspepsia merupakan suatu kumpulan gejala yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan, dapat disebabkan oleh stres, beberapa pengobatan, pada beberapa kasus kompilasi menjadi gastritis paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri (H.pylori). Dispepsia ditandai dengan nyeri ulu hati, kembung, sendawa, dll.

Nyeri ulu hati namun bukan hanya karakter dari maag. Kelainan di hepar, usus buntu, saluran empedu juga dapat memunculkan gejala di ulu hati. Untuk membedakannya diperlukan data yang lebih mendalam seprti ada tidaknya demam, perubahan warna kulit dan lain lain. Oleh karena itu kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter.

Pengobatan berupa perubahan pola makan, kurangi kopi, teh, makanan pedas, soda,makanan yang asam serta banyak gas seperti kol, sawi. Serta untuk mengingat jangan telat makan, dan makan secara teratur, cobalah untuk konsumsi makanan sedikit-sedikit namun sering. Perbedaan antara maag akut dan kronis adalah berdasarkan waktu terjadinya saja.

Akut digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi atau penyakit yang terjadi tiba-tiba, dalam waktu singkat, dan biasanya menunjukkan gangguan yang serius. Untuk menggambarkan tingkat nyeri (rasa sakit), istilah akut digunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang hebat dan tajam. Sedangkan kronik digunakan untuk menjelaskan suatu kondisi atau penyakit yang terjadi dalam periode lama, berulang, terjadi perlahan-lahan dan makin serius. Kelainan berkaitan maag apabila berat ditandai dengan penurunan berat badan, perubahan warna tinja, muntah darah, badan menjadi kurus

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang maag. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar