Sukses

Haid Tidak Teratur Pasca Keguguran?

05 Jul 2017, 13:49 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya mau tanya 2tahun yg lalu saya hamil 2bulan tp saya gugurkan dengan menggunakan obat cytotex dan ternyata berhasil karena saya dan suami masih belum pingin punya anak dan setelah itu haid saya jadi tidak teratur kadang maju kadang mundur tanggal haidnya...sampai sekarang saya tidak hamil... Apakah ini ada gejala di rahim saya dok.. .terima kasih

Terima kasih sudah bertanya perihal Haid tidak teratur pasca aborsi melalui fitur tanya dokter

Permasalahan menstruasi membawa wanita 20% wanita usia muda pada layanan kesehatan. Kemungkinan penyebabnya sangat luas, mulai dari yang tidak berbahaya sampai yang bebahaya. Oleh karena itu saya menyarankan Anda, melakukan pemeriksaan dengan dokter, terutama untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab yang berbahaya.

  1. Kemungkinan yang pertama berkaitan dengan kehamilan. Apabila Anda dalam beberapa waktu terakhir melakukan kontak seksual, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan
    kehamilan. Apabila terbukti hamil, Anda harus waspada. Kehamilan dengan pendarahan merupakan kasus yang butuh evaluasi lebih lanjut.
  2. Kemungkinan kedua terkait dengan konsumsi obat. Sejumlah obat bisa mengganggu kondisi Anda sehingga menghasilkan permasalahan menstruasi. Misalnya aspirin, obat pengencer darah (warfarin), obat antidepresi, steroid, obat untuk penyakit gondok, atau pil KB.
  3. Kemungkinan ketiga berkaitan dengan gangguan pada organ lain yang berpengaruh pada siklus mens Anda. Misalnya pada kasus penyakit hipertiroid atau peningkatan fungsi kelenjar gondok ditandai dengan sering berkeringat, jantung berdegub kencang, dan penurunan berat badan. Masalah lain seperti PCOS atau kelainan pada ovarium ditandai dengan hitam nya kuduk, tumbuh rambut halus ditempat yang tidak seharusnya, dan jerawat. Masalah tersebut mempengaruhi ketidakseimbangan hormon dalam tubuh Anda.
  4. Kemungkinan keempat berkaitan dengan gangguan pada rahim itu sendiri. Misalnya pada kondisi riwayat infeksi menular seksual, adanya gangguan pada organ kewanitaan seperti indung telur, atau pembesaran rahim yang tidak normal. Bisa juga berkaitan dengan tumor lapisan dalam rahim, namun jarang ditemukan pada rentang usia Anda.

Riwayat penggunaan cytotex Anda bisa saja berkaitan dengan kondisi Anda saat ini. Terkait aborsi yang Anda lakukan sendiri. Ada kemungkinan adanya jaringan tersisa yang memicu terjadinya infeksi di rahim. Saya menyarankan Anda untuk ke dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk evaluasi lebih lanjut.

Untuk perdarahan yang terjadi sementara bisa diobati dengan obat anti radang bukan steroid (NSAID) seperti ibuprofen atau asam mefenamat selama 5-7 hari. Apabila setelah pengobatan tidak kunjung ada perbaikan maka Anda akan disarankan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian informasi terkait perubahan haid tidak teratur pasca aborsi. Semoga bermanfaat

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar