Sukses

Ingin Pakai Behel Tapi Gigi Geraham Miring Dan Rusak

04 Jul 2017, 21:31 WIB
Wanita, 19 tahun.

Malam dok.. Mau tanya pada regio kiri bawah gigi M2 saya agak miring soalnya gigi M1 sudah dicabut dan gigi M3 belum tumbuh. Regio kanan bawah gigi M2 miring dok dan partial erupted, gigi M2nya caries mau saya cabut dan gigi M3 blm tumbuh. Gigi incisivus media dan lateral regio kanan kiri bawah tidak rapi rencana mau saya cabut. Apakah bisa dibehel dok keadaan seperti itu? Terima kasih

Terimakasih telah bertanya seputar ingin pakai behel tapi gigi geraham miring dan rusak melalui fitur Tanya Dokter.

Perawatan orthodontik dapat dilakukan setelah dokter gigi mencetak rahang pasien, melakukan pemeriksaan foto rontgen yaitu panoramik dan cephalometri, dan melakukan analisa kebutuhan rahang dari cetakan rahang pasien. Perawatan orthodontik ada standar prosedur dan aturannya, tidak bisa dilakukan sembarangan agar tercapai gigitan yang normal dan hubungan gigi atas dan bawah yang harmonis. Kasus ringan dapat dilakukan oleh dokter gigi umum namun sebaiknya perawatan orthodontik dilakukan oleh dokter gigi spesialis orthodonti (drg Sp.Ort) yang berkompetensi untuk perawatan ortho. Dokter gigi umum yang merawat ortho pada umumnya mendapatkan ilmu perawatan ortho dari kursus-kursus singkat, sedangkan drg Sp.Ort mendapatkan ilmu dari pendidikan spesialis di FKG serta melakukan perawatan pada sejumlah pasien selama pendidikan spesialisnya tersebut dibawah bimbingan dan pengawasan staf pengajar spesialis ortho. Karena kasus gigi anda termasuk kasus sulit kami sarankan untuk melakukan perawatan Orthodontik dengan dokter gigi Spesialis Ort.

Dampak negatif dari perawatan orthodontik sebetulnya sangat minimal selama perawatan dilakukan oleh dokter gigi yang kompeten dan pasien menjaga kebersihan gigi dan mulut selama penggunaan kawat ortho secara maksimal. Namun bila perawatan dilakukan oleh drg yang tidak kompeten apalagi dilakukan oleh tukang gigi, sering terjadi susunan gigi pasien malah bertambah parah, kerusakan tulang akibat pemberian tekanan pada kawat yang berlebihan saat aktivasi, dan bahkan menyebabkan kelainan pada profil wajah. Selain itu jika pasien tidak disiplin dalam menjaga oral hygiene, sering terjadi peradangan pada gusi yang disebabkan penumpukan plak, selain itu dapat terjadi karies dini dibawah bracket (behel) ortho.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai ingin pakai behel tapi gigi geraham miring dan rusak, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar