Sukses

Nyeri Kepala Bagian Belakang

04 Jul 2017, 16:50 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, saya 3 hari ini sering merasa pusing di kepala terutama di bagian belakang. Juga nyeri atau cekot2 di bagian leher tapi cekot2nya itu kadang terasa kadang hilang. Meriang, badan terasa panas, mual. Lalu saya tes lab dan hasilnya Hemoglobin 14,3 Lekosit 9.000 LED 30-60 Hitung jenis 1/-/2/57/29/11 PCV 40 Trombosit 255.000 Eritrosit 4,6 Kira2 saya sakit apa ya dok? Terimakasih

 

Terimakasi sudah bertanya seputar Nyeri Belakang Kepala di fitur Tanya dokter di Klikdokter

Secara umum nyeri kepala dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu nyeri kepala primer dan nyeri kepala sekunder. Nyeri kepala primer adalah nyeri kepala yang muncul akibat respons terhadap stres (baik fisik maupun psikis). Nyeri kepala yang berbahaya berkaitan dengas kasus nyeri kepala sekunder, karena diakibatkan sebuah proses didalam tengkorak. Hal ini ditandai dengan adanya kelemahan tubuh sebelah, muntah tanpa disertai mual, gangguan berjalan, dan lain lain. APabila anda mengalami gejala ini maka pemeriksaan yang Anda butuhkan adalah CT Scan Kepala

Nyeri kepala yang anda ceritakan, mengarah pada nyeri kepala primer. Terutama mengarah pada nyeri kepala tipe tegang (Tension Type Headache) yang ditandai cekot-cekot dan kedutan di area leher. 

Beberapa faktor yang kerap memicu TTH ialah:

  • Stress : biasanya sakit kepala timbul di siang atau sore hari setelah stress bekerja atau ujian
  • Gangguan tidur
  • Posisi tubuh yang salah saat bekerja
  • Waktu makan yang tidak teratur
  • Kelelahan mata
  • Penghentian konsumsi kafein
  • Kecemasan
  • Kelelahan
  • Kadar zat besi yang rendah

Hasil pemeriksaan Anda pada dalam normal, dan tidak menunjang untuk kasus ini. 

TTH dapat diatasi dengan istirahat, pemijatan/massage bagian belakang kepala dan leher, serta minum obat penghilang rasa sakit jika tidak tahan. Namun, penggunaan obat-obatan tersebut tidak akan banyak membantu jika anda tidak menghindari faktor pencetus terjadinya TTH pada diri Anda. Untuk mencegah berulangnya kejadian TTH pada diri Anda, Anda juga perlu menghindari faktor-faktor pencetus TTH.
Apabila dengan obat pereda rasa nyeri, sakit kepala tidak berkurang atau justru frekuensinya semakin meningkat apalagi disertai dengan gejala lain seperti pingsan dan gangguan keseimbangan, maka kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis saraf karena dikhawatirkan ada penyebab lain dari sakit kepala tersebut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Nyeri Kepala belakang, semoga bermanfaat

Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar