Sukses

Tumor padat uterus

04 Jul 2017, 16:17 WIB
Pria, 21 tahun.

selamat sore dok sya mau tanya tumor padat uteri itu apa ya? sama dengan kista ovari bukan dok? terimakasih

Terimakasih sudah bertanya mengenai tumor uterus di fitur Tanya dokter, Klikdokter

Tumor didalam rongga panggul berdasar kandungannya dapat dibagi menjadi tumor padat dan kista. Kista adalah tumor yang memiliki kandungan cairan didalamnya. Sementara tumor padat murni hanya jaringan. Tumor tersebut bisa bersifat jinak ataupun ganas yang bisa dibedakan dengan pemeriksaan lanjutan dibawah mikroskop. 

Organ didalam rongga panggul atau disebut adneksa, ada banyak. Beberapa diantaranya adalah ovarium (indung telur), tuba falopi (saluran penghubung indung telur dan rahim) dan uterus (rahim). Tentu kista ovarium berarti muncul di ovarium, dan tidak sama dengan tumor uterus. Tumor uterus bisa saja muncul dari semua lapisan yang ada, namun yang tersering muncul dari dinding otot rahim yang kita sebut sebagi miom

Tumor ini paling sering ditemukan pada wanita umur 35 – 45 tahun (kurang lebih 25%) dan jarang pada wanita 20 tahun dan wanita post menopause. Namun apabila pertumbuhan mioma semakin membesar setelah menopause maka pertumbuhan mioma ke arah keganasan harus dipikirkan.

Keluhan yang dirasakan sangat bervariasi bergantung pada lokasi, besar mioma, serta perubahan-perubahan yang terjadi pada organ sekitarnya. Diantara keluhan yang dapat ditemukan antara lain adalah: menstruasi dalam jumlah banyak/perdarahan abnormal, perut terasa penuh dan membesar, nyeri panggul yang berkepanjangan, bila mioma menekan kandung kemih yang terletak di bawah rahim akan menyebabkan gangguan kemih, bila menekan bagian terbawah usus besar akan terjadi gangguan buang air besar, bila hamil dapat terjadi keguguran spontan, kelainan posisi bayi, dan yang cukup menakutkan adalah gangguan kesuburan.

 

Untuk itu kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter spesialis kebindanan dan kandungan.

Demikian informasi mengenai tumor padat uterus yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar