Sukses

Cara Menurunkan Kolesterol Dan Gula Darah secara Alami

30 Jun 2017, 20:10 WIB
Pria, 36 tahun.

Resep herbal penurun kolesterol dan diabetes apa? Tolong jelaskan cara penggunanya. Terimakasih

Terima kasih atas kesabaran dan kesetiaan Anda menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Halo! Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.

Diabetes mellitus merupakan suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif. Untuk menangani diabetes diperlukan bukan sekedar pengobatan (obat hipoglikemik oral) untuk mengontrol kadar gula dalam darah, namun juga perencanaan makan dan latihan jasmani (olah raga). Dengan penanganan tersebut diharapkan kadar gula dapat terkontrol, komplikasi dapat dihindari dan kualitas hidup penderita diabetes dapat dijaga.

 

Jika kadar gula sudah cukup tinggi maka tetap diperlukan kontrol yang baik dengan obat agar kadar gula tidak meroket atau melambung tinggi. Hingga kini, bahan-bahan alami baru ditemukan sifatnya membantu penurunan gula darah, namun tidak dapat menjadi agen tunggal. Penggunaannya tetap perlu dikombinasi dengan obat dan atas pengetahuan dokter agar dokter dapat menganalisis apakah bahan tersebut memiliki efek negatif terhadap pengobatan yang diberikan. Begitu juga dengan penurunan kolesterol.

Selain itu, penderita diabetes perlu mengkombinasikan pengobatan, perencanaan makan dan latihan jasmani untuk dapat hidup sehat dan gula darah terkontrol. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik maka dapat terjadi komplikasi seperti kebutaan (diabetes retinopati), gagal ginjal (nefropati diabetikum) dan kerusakan sel saraf perifer (neuropati diabetikum). Untuk itu, penderita diabetes harus mengunjungi dokter dan kontrol secara teratur.

Untuk menurunkan kolesterol, hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengubah pola hidup: rajin berolah raga (disarankan minimal 5x/minggu), banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran. Kurangi makanan fast food / junk food. Bila perlu, Anda dapat mengkonumsi obat kolesterol yang diresepkan oleh dokter.

Makanan yang tinggi akan kolestrol terutama makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti makanan siap saji (seperti chicken nugget, burger, sosis) serta jenis-jenis daging, susu, mentega, roti, hati, beberapa jenis seafood seperti udang, kepiting, oyster, cumi-cumi dan kerang. Serta tentu daging olahan seperti sosis,bacon, ham. 

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar