Sukses

Adenomiosis
27 Jun 2017, 16:18 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok... Saya wanita usia 27 tahun, setelah melahirkan 1 tahun yang lalu saya sering sakit perut bagian bawah hingga ke pusar dan tembus ke pinggang... Kalau sudah kambuh, sakitnya luar biasa.. Yg mw sy tnyakan, apa ya dok penyebabnya dan bagaimana cra mengatasinya... Terimakasih...

Terimakasih telah bertanya tentang nyeri panggul melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Yang Anda alami mungkin berkaitan dengan adenomiosis. Adenomiosis adalah suatu keadaan di mana jaringan yang melapisi dinding rahim (endometrium) tumbuh di dalam dinding rahim (miometrium). Gejala khas adenomiosis adalah adanya pembesaran rahim, nyeri panggul dan menstruasi dalam jumlah banyak. Dalam jangka panjang, adenomiosis dapat menganggu kesuburan.

Sampai saat ini belum ditemukan pengobatan alami untuk penderita adenomiosis. Terapi yang dilakukan adalah dengan pemberian obat hormon atau melakukan tindakan invasif seperti pengangkatan rahim.

Selain adenomiosis, keluhan yang Anda alami bisa juga disebabkan oleh gangguan di saluran kencing atau organ lainnya. Oleh karena itu, kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk dievaluasi dan mendapatkan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar nyeri panggul. Semoga bermanfaat. (FA) 

 

0 Komentar

Belum ada komentar