Sukses

Haid Lama dan Tidak Teratur

24 Jun 2017, 17:22 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dokter, saya mau tanya. Haid saya tidak teratur, sekalinya datang bisa lama selesainya. Terahir kali di Bulan april kemarin saya berhenti haid saya setelah selama 3Bulan saya haid. Sampai lemas karena mgkin kekurangan darah. Sudah coba konsultasi pada dokter kandungan, tp hanya di beri obat dan dokter jg heran kenapa bisa begitu. Apa yg harus saya lakukan dok? Apa kira2 yg terjadi pada saya? Solusinya bagaimana? Saya nantikan dok atas jawaban nya. Terimakasih

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Saat ini kami tidak mengetahui status Anda sudah menikah atau belum, sudah memiliki anak atau belum. Sebab, penyebabnya tentu berbeda pada wanita yang sudah menikah/memiliki anak dengan yang belum.

Haid tidak teratur, yang kemudian bila terjadi haid, perdarahannya dalam waktu lama (hingga 3 minggu), bisa terjadi karena siklus tidak berovulasi (sel telur tidak pecah). Kekurangan hormon progesteron menyebabkan hal ini. Ketika terjadi menstruasi, langsung banyak dan panjang (durasi lama).

Untuk mengatasi hal ini, dokter kandungan memberikan progestin (preparat progesteron) seperti yang Anda sebutkan, selama 7-10 hari. Setelah 10 hari, seharusnya dievaluasi kembali penyebab haid tidak teraturnya. Umumnya dilakukan USG transvaginal untuk dilihat dinding rahim dan indung telurnya. Pada wanita yang belum menikah, USG transvaginal diganti dengan USG transrektal.

Saran kami saat ini, sebaiknya periksakan ke dokter kandungan kembali untuk dilakukan pemeriksaan USG transvaginal/transrektal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar