Sukses

Timbul Benjolan Payudara Kanan

22 Jun 2017, 20:31 WIB
Wanita, 19 tahun.

Permisi dokter... Saya ingin menanyakan mengenai masalah yg skrg saya alami. Di payudara sbelah kanan saya itu sy merasakan ada benjolan (mudah bergerak/bergeser", kenyal, agak sedikit sakit ketika dipegang), dan putingnya agak masuk namun terkadang juga bs keluar namun agak sdkt berbeda dg puting sebelah kiri. Ketika mnjelang dtg bulan sy merasakan ngilu dibagian itu, benjolannya jg terasa mmbesar drpada biasanya, dan ukuran payudaranya jg lbh besar. Namun ktika masa haid sy berakhir benjolan itu terasa mengecil tp sy msh merasakan bahwa benjolan itu msh ada. Yg ingin sy tanyakan, apakah itu dok? Dan adakah solusi utk menghilangkannya / mengecilkannya shngga tdk kmbali mmbersar lagi? Apakah ada ssuatu yg bs sya konsumsi utk mnghilangkannya? Dan apakah berbahaya? Jika tidak, apakah tdk akan ada operasi dan smacamnya soalnya sy kekurangan biaya utk operasi dll. Sy belum mengecekkan ke dokter/RS terdekat. Mnta tlong saran / bantuannya dokter.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Benjolan pada payudara bisa disebabkan oleh berbagai penyebab, dimulai dari infeksi kulit seperti bisul, atau mengarah ke perkembangan jaringan payudara berupa tumor yang jinak maupun yang ganas.

Untuk membedakannya perlu diketahui karakteristik tumor lainnya, seperti:
Permukaannya: licin atau berbenjol
Bagaimana keadaan kulit di atasnya
Apakah ada pembesaran kelenjar getah bening di sekitarnya (termasuk ketiak)

Pada wanita di bawah usia 30 tahun, tumor tersebut kemungkinan besar merupakan tumor jinak yang disebutfibroadenoma mammae (FAM). FAM merupakan gabungan antara jaringan glandula (kelenjar) dan fibrosa dan terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena produksi hormon estrogen meningkat. Namun pada wanita usia di atas usia 30 tahun, bisa jadi benjolan tersebut disebabkan oleh FAM atau bisa juga mengarah terhadap keganasan. 

Untuk menentukan jinak atau ganasnya suatu benjolan perlu dilakukan pemeriksaan penunjang lanjutan biopsi dan patologi anatomi.

Kami sarankan agar Anda dapat mengunjungi dokter / dokter spesialis bedah untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik mendetil serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan diagnosis. Dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal.

 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam Sehat

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar