Sukses

Sariawan / Benjolan Dalam Mata
22 Jun 2017, 10:25 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok, anak saya ada sariawan didalam matanya. Seperti juga ada benjolannya. Kira-kira sakit apa yah dok?? Matanya juga kemerahan disekitar sariawan/benjolan tersebut. Ke khawatiran saya akan penyakit lainnya.

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan di mata melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda. 

Sulit bagi kami untuk mengetahui diagnosis anda, karena diagnosis penyakit mata membutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung.

Dimana letak benjolan tersebut ? Apakah dikelopak mata atas atau bawah ?

Apakah yang Anda maksud dengan sariawan adalah bercak keputihan pada bagian putih mata(skelara) atau kornea ? 

Apakah ada penurunan penglihatan pada anak Anda ? Apakah terdapat nyeri ?

Jika terjadinya peradangan pada lapisan luar bola mata/sklera, yaitu episkleritis. Episkleritis bisa disertai dengan benjolan / nodul. Hal ini bisa terjadi dengan sendirinya, dan akan hilang sendiri. Namun apabila tidak hilang dan mengganggu, kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Jika terjadi pada kelopak mata kemungkinan adalah bintitat. Bintitan dalam bahasa kedokteran disebut hordeolum, yaitu benjolan kecil yang tumbuh di sekitar mata akibat infeksi bakteri (umumnya Staphylococcus sp.) pada kelenjar minyak di tepi jajaran bulu mata atau di bawah kelopak mata. Umumnya hordeolum berisi nanah dan bila bertambah besar dapat menghalangi mata terbuka secara optimal membuat penderita sulit untuk melihat.

Hordeolum bukanlah sebuah gangguan serius dan sebagian besar akan sembuh sendiri. Benjolan ini justru lebih sering menyebabkan rasa malu daripada rasa sakit. Untuk mempercepat peradangan kelenjar dapat dapat diberikan kompres hangat, 4 kali sehari selama 10-15 menit sampai nanah keluar. Pengangkatan bulu mata dapat memberikan jalan untuk penyerapan nanah. Untuk mencegah berulangnya hordeolum, disarankan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata, bersihkan daerah kelopak mata secara teratur, untuk menghilangkan debu dan minyak yang menumpuk, serta pastikan peralatan rias yang berhubungan dengan mata senantiasa bersih/steril.

Bagaimanapun, apabila hordeolum membesar hingga anda mengalami gangguan penglihatan, insiden hordeolum yang terlalu sering, tidak sembuh spontan dalam satu minggu, dan tidak respon terhadap pengobatan sendiri sebaiknya anda segera mengunjungi dokter spesialis mata untuk tatalaksana yang lebih optimal.

 Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar sariawan / benjolan di mata, Semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar