Sukses

Gejala Anemia
21 Jun 2017, 14:18 WIB
Wanita, 46 tahun.

Dok saya mau tanya ... Saya mempunyai penyakit anemia dan sudah belakangan ini saya sering merasa ngosngosan seperti habis lari padahal tidak,dan sering merasa nafas pendek atau sesak nafas . kira2 apa yg saya rasakan ini karna pengaruh dari anemianya? Atau gimana dok ? Dan apabila saya ingin ke dokter atau ke spesialis saya harus ke dokter jantung atau dokter yg menangani anemia?

Terimakasih telah bertanya tentang gejala anemia melalui fitur Tanya Dokter.

Anemia atau dalam bahasa awam disebut dengan kurang darah adalah kondisi di mana kadar Hemoglobin (Hb) di dalam darah rendah. Hemoglobin diperlukan untuk menghantar oksigen ke seluruh tubuh. Kadar Hemoglobin seseorang dapat diketahui melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan darah (laboratorium).

Gejala yang paling sering adalah pucat, rasa lemas, atau cepat lelah. Namun demikian terdapat beberapa gejala lain seperti gangguan irama jantung dan sesak nafas, seperti yang Anda alami. Ini terjadi akibat asupan oksigen ke jantung dan paru berkurang, akibatnya fungsi pompa jantung berkurang, tubuh kekurangan oksigen dan muncul sebagai gejala 'ngos-ngosan' atau cepat lelah. Selain itu terdapat tanda-tanda lain yang dapat Anda baca selengkapnya di sini: 8 Tanda Gangguan Darah yang Belum Anda Ketahui.

Derajat anemia dikategorikan sebagai berikut:

  • Anemia ringan yaitu kadar Hb antara 9,5-13 g/dL
  • Anemia sedang yaitu kadar Hb antara 8-9,5 g/dL
  • Anemia berat yaitu kadar Hb di bawah 8 g/dL

Anemia dapat terjadi bila tubuh tidak cukup memproduksi sel darah merah, bila terjadi perdarahan, dan bila tubuh menghancurkan sel darah merah. Penyebab anemia bermacam-macam, yaitu:

  • Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, asam folat dan vitamin B12.
  • Mengalami penyakit kronis seperti kanker, HIV/AIDS, Tuberkulosis, autoimun, penyakit ginjal dan penyakit kronis lainnya.
  • Anemia aplastik, di mana tubuh tidak memproduksi sel darah merah dengan cukup.
  • Anemia akibat kelainan darah seperti leukemia dan myelofibrosis.
  • Anemia hemolitik, di mana penghancuran sel darah merah lebih cepat dari waktu produksi.
  • Anemia sel sabit yang merupakan penyakit bawaan.
  • Talasemia dan anemia akibat infeksi malaria.

Penanganan anemia tergantung penyebabnya. Karena itu, sebaiknya Anda memeriksakan diri terlebih dulu ke dokter agar dapat ditentukan penyebabnya.

Selengkapnya tentang anemia dapat Anda baca di sini:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar gejala anemia. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar