Sukses

Bayi Memiliki Kepala Peyang, Wajarkah?

19 Jun 2017, 09:41 WIB
Wanita, 26 tahun.

Tumbuh Kembang Anak Hai Dokter, Ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan. Anak saya usia 5 bulan 3 minggu. Berikut keluhannya: 1. Belum bisa tengkurep sendiri. Jika ditengkurapkan belum bisa mengangkat kepala dengan tegak ke depan. Kedua tangannya yg harusnya untuk menopang badannya malah yg satu dibuat tumpuan untuk meletakkan kepalanya, tangan kanan seperti berusaha mendorong untuk kembali ke posisi berbaring. Tapi dalam posisi berbaring tangan dan kakinya sangat aktif dan bisa memiringkan badannya untuk meraih benda-benda di dekatnya. 2. Ketika saya stimulasi untuk duduk dengan cara menarik perlahan kedua tangannya, dia belum bisa mengangkat kepala dan badannya malah perutnya yg dinaik-naikkan. 3. Ketika saya panggil2 namanya dia tidak menoleh, tetapi dia langsung menoleh jika ada tepukan tangan atau jentikkan jari. 4. Belum tumbuh gigi Berikut histori anak saya, barangkali ada kaitan dg keluhan di atas: - BB dan TB lahir: 3 kg 48 cm. BB dan TB saat ini: 6.73kg, 68 cm. - Usia 1 s.d 4 bulan full ASI. Mulai usia 4 bulan diberi sufor selama 2 minggu dan ternyata alergi susu sapi, jadi dari usia 4.5 bulan diganti soya sampai dg usia 5.5 bulan tetapi berat badan dalam kurun waktu tsb tidak naik (hanya 30 gram), lalu sesuai saran doker diganti susu PHP dan mulai diberi MPASI (sudah berjalan 1 minggu) - saya kerja brkt pagi dan pulang malam, sehingga seharian anak saya sama pembantu dan sering sekali digendong. Nangis dikit digendong. - Kepala anak saya rata di bagian belakangnya. Saat browsing2, kata google kemungkinan flat head syndrom dan ketika saya cari contoh pictures kepala anak saya mirip dg gambar yg medium brachycephaly. Saya baca2 artikel katanya syndrom tsb dapat menghambat perkembangan anak seperti gangguan pendengaran, penglihatan dll termasuk anak susah berguling2. - Dari usia 2 bulan anak saya sudah ikut saya pindah2 kerja dari kota dg udara dingin ke panas ke dingin dan ke panas lagi. Anak saya juga belum punya dokter anak tetap/langganan (selalu ganti2 dokter). Mohon penjelasan apakah yg menyebabkan keluahan2 anak saya di atas dan apa kaitannya dg histori yg saya paparkan? Apakah anak saya dikatakan terlambat tumbuh kembangnya? Apakah kepala rata bisa disembuhkan untuk usia anak saya? Mohon saran dan solusi untuk masalah di atas. Terima kasih banyak Dokter.

Terima kasih telah menanyakan tentang kepala peyang melalui fitur Tanya Dokter.

Kepala peyang (sindrom kepala datar), dapat berupa plagiocephaly atau brachycephaly, sering dialami oleh bayi baru lahir karena bagian ubun-ubun kepala masih lunak.

Kepala bayi mulai menetapkan bentuknya pada usia 6-20 bulan, sehingga sebelum waktu itu masih ada kesempatan untuk melakukan koreksi terhadap bentuk kepala bayi Anda. Kelainan ini umumnya tidak menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan.

Apabila bayi Anda masih kecil dapat dilakukan terapi reposisi. Terapi ini melibatkan perubahan posisi bayi secara berkala untuk menghindari penekanan pada area kepala yang peyang. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan adalah:
1. Variasikan posisi tidur si kecil saat tidur siang/malam agar tidak terlalu sering tidur dengan posisi miring atau terlentang. Sediakan waktu agar bayi tidur tengkurap namun pastikan dengan pengawasan orangtua. Secara berkala ubah posisi kepalanya agar penekanan kiri dan kanan sama. Anda juga bisa menggantung mainan agar anak melihat-lihat ke arah yang berbeda-beda saat berbaring.
2. Atur posisi bayi Anda saat menyusui, hindari penekanan pada bagian kepala yang peyang.
3. Sediakan waktu untuk tengkurap saat bermain (tummy time).


Namun bila Anda khawatir dengan tumbuh kembang anak Anda, sebaiknya Anda membawanya ke dokter anak. Demikian informasi kami sampaikan mengenai kepala peyang. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar