Sukses

Diare, Ulu Hati Berdenyut, dan Pusing

18 Jun 2017, 02:17 WIB
Pria, 24 tahun.

Ulu hati saya berdenyut dan disertai diare dan pusing. Itu kenapa yah dok? Makasih sebelumnya

 

Terima kasih telah bertanya seputar diare, ulu hati berdenyut, dan pusing melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Diare adalah peningkatan jumlah ( tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam.Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) dan persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan).

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mengakibatkan diare atau muntaber :

1. Faktor lingkungan yang kurang bersih.

2. Faktor penyediaan air bersih yang belum memadai.

3. Infeksi yang disebabkan virus, bakteri, atau parasit lainnya.

4. Korban keracunan bahan makanan atau alergi terhadap zat dalam makanan.

Penanganan diare antara lain :

Pastikan tanda-tanda dehidrasi, cegah perburukan dan bawa ke fasilitas kesehatan:?

Dehidrasi ringan-sedang : berikan cairan oral (minum) seperti minuman bersoda, jus buah, atau minuman olahraga. Minuman rehidrasi buatan rumah dapat dari 8 ons apel, jeruk atau buah lainnya ditambah ½ sendok teh madu, seujung jari garam, 8 ons air dan ¼ sendok teh baking soda. Cairan rehidrasi berbahan dasar beras dapat dibuat dengan mencampur ½ mangkuk sereal bayi kering dengan 2 cangkir air dan ¼ sendok teh garam. Berikan sesuai dengan jumlah yang keluar.

Pada dehidrasi berat dimana terdapat gangguan kesadaran, ketidakmampuan untuk minum serta adanya diare dan atau muntah yang terus berlangsung maka dilakukan pemberian cairan melalui intravena (infus ) pada fasilitas kesehatan

Mengenai keluhan pusing dan ulu hati berdenyut yang anda utarakan, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah merupakan gejala lanjutan dari diare yang Anda alami ataukah karena penyakit lain yang mendasarinya.

Apakah anda yakin rasa berdenyut terasa dibagian ulu hati, dan bukan nyeri ulu hati? Apakah keluhan ini anda rasakan terus menerus atau hilang timbul? Adakah gejala lain yang menyertai seperti demam, diare, sulit buang air besar, penurunan berat badan, sering sendawa, nyeri ulu hati, rasa panas di tenggorokan? Bagaimana dengan pola makan Anda, apakah teratur? Apakah Anda sering merokok, minum kopi/teh/alkohol? Apakah Anda sedang mengalami stres?

Sayang sekali Kami tidak dapat menentukan penyabab mana yang menjadi alasan dari keluhan Anda jika hanya berdasarkan informasi yang Anda utarakan tersebut.  Dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk menyakinnya. Untuk itu, kami anjurkan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat jika keluhan diare, ulu hati berdenyut, dan pusing Anda terus berlanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai diare, ulu hati berdenyut, dan pusing. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar