Sukses

Bercak Ketihaman Pada Paha

17 Jun 2017, 18:56 WIB
Pria, 17 tahun.

Selamat malam dok, Dok, saya mau tanya. Di bagian pinggang kanan saya terdapat bercak-bercak hitam yang sepertinya menyebar ke bagian atas paha saya. Padahal waktu saya kecil, tidak ada bercak-bercak seperti itu. Rasanya tidak gatal dan tidak perih, hanya saja tidak enak untuk dilihat mata. Mohon bantuannya dok. Terima kasih

dr. Jeannyfer HJ

Dijawab Oleh:

dr. Jeannyfer HJ

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Daerah kehitaman di dalam dunia kedokteran disebut dengan hiperpigmentasi Izinkan kami menjelaskan tentang berbagai penyebab dari keluhan ini. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah perubahan hormonal, pasca peradangan (bekas luka), pemakaian pil KB (bagi wanita), kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit. Akibat faktor pencetus ini maka akan terjadi peningkatan produksi pigmen pada melanosit. Peningkatan produksi pigmen pada sel kulit akan menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap daripada sekitarnya.

Kondisi lain yang bisa menimbulkan hiperpigmentasi pada kulit adalah metal (misalnya karena penggunaan ikat pinggang), kekurangan vitamin B12, atau akibat obat-obatan antibiotik tertentu, antimalaria, dan obat antiaritmia untuk mengatur denyut jantung.

Bila bercak ini murni kelainan kulit tanpa ada gangguan lain yang lebih serius, umumnya dokter akan memberikan krim hidroquinon 2% agar warna kulit merata kembali. Tetapi dokter juga dapat memberikan obat lain tergantung dari hasil pemeriksaan. Oleh karena itu, pada kelainan kulit diperlukan wawancara dan pemeriksaan fisik secara langsung untuk menentukan diagnosis dan tatalaksana yang tepat. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung ke dokter untuk mengatasi keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar