Sukses

Setelah Penggunaan Provera Masih Belum Haid

18 Jun 2017, 00:10 WIB
Wanita, 34 tahun.

Dok saya mau tanya saya kan 3 mg lalu dikasih provera tp smpe sekarang masih blm haid kemaren sempet flek tp sedikit sekali dan cuma 2 hari itu pun hanya flek aja saya blm cek karna takut galau karna saya ingin mempunyai momongan terima kasih dok

Terima kasih telah bertanya seputar provera dan haid melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Provera berisikan hormonal medroxyprogesteron. Izinkan kami menjelaskan secara singkat kegunaan obat yang Anda sebutkan. Obat medroksiprogesteron asetat adalah obat yang berisi hormon wanita (progestin). Pengobatan ini bertujuan untuk meniru efek hormon progesteron yang dibuat secara natural oleh tubuh. Obat ini digunakan untuk beberapa tujuan, salah satunya untuk penanganan awal kista ovarium. Selain penanganan awal kista ovarium, obat ini juga digunakan untuk mengobati perdarahan abnormal dari rahim dan untuk mengembalikan periode normal menstruasi pada seseorang yang telah lama tidak memperoleh menstruasi (amenorea).

Untuk apa obat tersebut disarankan untuk Anda? Pada penggunaan obat ini untuk kista ovarium, tujuan pemberian obat adalah untuk mencegah terbentuknya kista baru/ perbesaran kista pada siklus menstruasi selanjutnya. Selain itu, obat ini juga mengurangi risiko berkembangnya kista menjadi kanker ovarium. Untuk itulah obat ini diberikan pada kasus Anda.

Mengenai flek kecoklatan yang muncul, harus diteliti lebih lanjut. Bagaimanakah siklus menstruasi Anda? Apakah waktu keluarnya flek kecoklatan ini hampir bersamaan dengan waktu menstruasi Anda? Apakah Anda sudah menikah? Apakah Anda menggunakan kontrasepsi? Semua data ini bersama dengan pemeriksaan langsung dibutuhkan. Untuk itu bila flek kecoklatan semakin bertambah dan tidak menghilang, sebaiknya Anda kembali untuk berkonsultasi pada dokter yang memberikan obat pada Anda. Terakhir, Anda tidak sebaiknya merubah dosis obat tanpa sepengetahuan dokter yang merawat Anda. Penentuan dosis obat sebaiknya hanya melalui dokter tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai provera dan haid. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar