Sukses

Punggung Pegal Disertai Ruam Kulit Yang Nyeri

17 Jun 2017, 23:41 WIB
Pria, 15 tahun.

dok! saya ada keluhan punggung saya pegal pegal dan di ikuti dengan luka ruam..bagaimana solusinya... sumpah dok pegel baget lukanya klo pecah perih panas..

Terima kasih telah bertanya seputar punggung pegal dan ruam kulit melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah luka ruam hanya di salah satu sisi punggung? Apakah Anda sebelumnya sudah pernah terkena cacar air? Apakah pegal pada punggung menjalar sampai ke kaki?

keluhan nyeri punggung yang Anda rasakan dapat berhubungan dengan ruam pada punggung Anda dan juga bisa tidak berhubungan. Keluhan pada punggung dapat disebabkan karena gangguan pada kulit, otot, atau tulang. Keluhan pada kulit umumnya disebabkan karena adanya penyakit kulit pada bagian punggung, keluhan pada otot akibat salah posisi, dan keluhan pada tulang karena adanya kelainan tulang belakang. Selain itu nyeri punggung juga dapat disebabkan oleh nyeri alih dari penyakit lain, misal batu ginjal, atau pun dismenore pada wanita yang sedang menstruasi.

Bila berhubungan dengan masalah kulit Anda, mungkin Anda dapat mengidap penyakit infeksi Herpes Zoster. Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Virus varisela zoster ini didapat saat seseorang terkena cacar air dan kemudian virus dapat tinggal di sistem saraf dan dapat tereaktivasi jika orang tersebut mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat.

Virus varisela-zoster merupakan virus yang sama yang menyebabkan cacar air, untuk itu memang dapat menular. Herpes zoster dapat menular pada mereka yang belum pernah terkena cacar air dan yang akan timbul adalah cacar air bukan herpes zoster. Setelah seseorang terkena cacar air maka orang tersebut dapat terkena herpes zoster bila mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Mereka dengan herpes zoster tidak terlalu menularkan virus seperti mereka yang dengan cacar air. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit yang mengalami lesi karena virus dapat menyebar melalui udara.

Obat antivirus yang diberikan untuk diminum 5x/hari ditujukan untuk mempercepat fase penyembuhan penyakit dengan mematikan virus tersebut. Apabila Anda tidak meminum antivirus, maka kesembuhan yang akan terjadi mengandalkan daya tahan tubuh Anda. Apabila hanya mengandalkan daya tahan tubuh, maka kesembuhan terjadi dalam hitungan hari sampai minggu.

Obat yang terbaik adalah istirahat, makan dengan nutrisi yang cukup, minum obat antivirus, dan obat simptomatik lainnya. 

Untuk memastikan kondisi Anda, sebaiknya konsultasikan kondisi Anda ke dokter spesialis penyakit dalam.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai punggung pegal dan ruam kulit. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar