Sukses

Pusing Berputar Pada Ibu Menyusui

17 Jun 2017, 23:28 WIB
Wanita, 34 tahun.

selamat sore dok.. sy mau tanya.. sy seorang ibu yg msih menyusui, umur anak sy sudah 1.5 th. udah 5 bln sy sering mengalami pusing berputar, kdg2 rasa oleng, mual wlwpn blm smpat muntah.. trus keringetan. perasaan ini bisa sy alami bbrapa hari atau bhkan se pekan. awal sensasi berputar ini sy rasakan sebelum nya sy merasa telinga kanan sy sering gatal. sy kira itu hal biasà. tp setelah itu rasa gatalnya hilang sendiri, n bbrp bulan kmudian baru sensasi pusing berputar ini menyerang. sy sudah prgi ke spesialis mata dan si dokter nyarani sy pakai kca mata krn kata beliau pusing sy mgkin di sebabkan mata silindris sy. sebulan sy pakai kcamata, rsa pusing itu kembali kambuh. n bahkan smpai skrg. sy tidak tau ada apa dengan sy... apa penyakit yg sy idap. klo pun ada. ke dokter apakah sy hrus memeriksakan diri.?

Terima kasih telah bertanya seputar pusing berputar melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, nampaknya Anda mengalami gejala Vertigo. Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT? Kami menyarankan Anda konsultasi kembali ke dokter neurologi atau THT untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai pusing berputar. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar