Sukses

Nyeri Payudara dan Puting Masuk Ke Dalam

17 Jun 2017, 23:15 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok saya mau nanya selama beberapa minggu ini payudara saya sakit ketika di sentuh dan puting saya masuk kedalam dok. apa penyebabnya yah dok apa in gejala kanker payudara ??

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri payudara dan puting masuk ke dalam melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri pada payudara dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit.

Umumnya, nyeri pada payudara dirasakan saat menjelang menstruasi, yang disebabkan oleh perubahan hormonal. Pengaruh hormonal ini memang berbeda-beda diantara masing-masing individu. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai. Bila anda sedang menyusui maka biasanya rasa nyeri terjadi pada payudara yang jarang digunakan untuk menyusui sehingga payudara terasa keras dan kadang terasa nyeri.

Keluhan kedua Anda adalah puting payudara yang masuk ke dalam. Kondisi yang Anda alami saat ini dalam dunia medis disebut dengan retraksi puting. Kondisi ini dapat berhubungan dengan penyakit, atau dapat juga tidak berhubungan dengan penyakit karena merupakan gangguan pertumbuhan. Umumnya apabila masih di dalam masa pertumbuhan, disarankan untuk terus menerus merangsang puting agar maju ke depan.

Untuk penanganannya, kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis bedah untuk evaluasi lebih lanjut mengenai kondisi putingnya untuk memastikan adakah masalah kesehatan yang serius atau tidak.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai nyeri payudara dan puting masuk ke dalam. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar