Sukses

Pengobatan Gudik

17 Jun 2017, 22:41 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok, saya kena penyakit gudik, trus dikasih sama orangtua saya obat biru tdi malam, tpi sampai sekarang belum juga kering, trus dok obat biru berguna tidak untuk gudik?

Terima kasih telah bertanya seputar gudik melalui fitur Tanya Dokter.

Penyakit gudik dalam dunia medis disebut dengan skabies, yaitu penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu / tungau / mite (Sarcoptes scabei). Kutu ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Penyakit Skabies ini juga mudah menular dari manusia ke manusia , dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Skabies mudah menyebar baik secara langsung melalui sentuhan langsung dengan penderita maupun secara tak langsung melalui baju, seprei, handuk, bantal, air yang masih terdapat kutu Sarcoptes.

Pengobatan skabies dengan mengoleskan krim permetrin 5% seluruh tubuh dari leher ke bawah, selama semalam lalu basuh hingga bersih. Pengobatan ini biasanya diulang setelah 1 minggu. Untuk mengurangi gatal dapat dipergunakan pula antihistamin seperti CTM. Hal lain yang perlu dilakukan adalah merendam pakaian, seprei dan selimut yang dipakai ke dalam air panas untuk membunuh tungau yang ada dan mencegah infeksi berulang.

Apakah obat biru yang Anda maksud adalah Permetrin itu? 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar