Sukses

Lidah Bergaris dan Kering

17 Jun 2017, 22:11 WIB
Wanita, 21 tahun.

Asslmlkm dok.. Lidah saya pecah-pecah dr lahir dan lidah saya terasa sakit setelah sy ke dokter di daerah sy dokter mengatakan radang tenggorokan. Bagaimana mengatasi lidah yang sakit ya dok. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang lidah yang bergaris menggunakan fitur tanya dokter.

Kami memahami kekhawatiran anda. Jika anda memiliki yang dinamakan Fissure Tongue, tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Karena pada kenyataannya celah maupun garis pada lidah yang terlihat seperti pecah dan terbelah, hanyalah bentuk variasi dari lidah yang normal.

Fissure Tongue atau Plicated atau Scrotal Tongue adalah Anomali lidah yang memiliki karakter berupa celah sempit yang panjang, pecah-pecah, terbelah bisa tampak pada permukaan dan samping lidah, ada juga dengan tipe celah fissure yang memiliki kedalaman hampir 6mm, kadang celah dapat berhubungan dengan celah lainnnya sehingga lidah akan tampak terbelah-belah membentuk bagian-bagian yang lebih kecil. Penyebab Fissure Tongue belum diketahui dan dikaitkan dengan factor keturunan. Keadaan ini tidak berbahaya / jinak, namun anda harus memperhatikan cara merawatnya agar selalu bersih, tidak terselip sisa makanan sehingga tidak menimbulkan iritasi ringan.

Yang bisa anda lakukan adalah menjaga kebersihannya dengan menyikat lidah dengan sikat gigi saat bersamaan dengan rutinitas menyikat gigi anda.

FissureTongue juga bisa timbul bersamaan dengan penyakit lain misalkan :

Geographic Tongue / Benign migratory glossitis(BMG).
Melkersson-Rosenthal Syndrome.
Down Syndrome. Jika anda mengalami gejala yang berhubungan dengan penyakit diatas, kami sarankan agar segera periksakan keadaan anda dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis Penyakit Mulut.
Semoga jawaban kami dapat membantu anda dan terimakasih telah menggunakan e-consultation TanyaDokter KlikDokter.com.

0 Komentar

Belum ada komentar