Sukses

Haid Memanjang Setelah Penggunaan KB

17 Jun 2017, 17:52 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok saya mau tanya bulan januari saya berhenti pakai kb stlah kb 3 bulan nah bulan februari sya haid 2x maret saya tidak haid lalu april mei juni saya mengalami haid 2x terus menerus dengan siklus hanya 11-14 hari kenapa ya dok? Apa melihat kondisi sprti ini sya sulit hamil?

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Kami memahami kegelisahan yang Anda rasakan. Salah satu keterbatasan dalam penggunaan KB, terutama KB Suntik adalah sering ditemukannya gangguan haid, seperti;

  • siklus haid yang memendek atau memanjang
  • perdarahan yang banyak atau sedikit
  • perdarahan tidak teratur atau perdarahan bercak (spotting)
  • tidak haid sama sekali

Keterbatasan lainnya adalah terlambatnya kembali kesuburan setelah penghentian pemakaian, itulah yang menjadi alasan suntikan progestin tidak dapat dihentikan sewaktu-waktu sebelum suntikan berikutnya. Perlu adanya komunikasi antara klien dengan petugas pelayanan kesehatan jika ingin berhenti dan berharap kesuburan datang kembali.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena hal ini adalah wajar dan tidak berbahaya. Terlambatnya kembali kesuburan bukan karena terjadinya kerusakan/kelainan pada organ reproduksi, melainkan karena belum habisnya pelepasan obat suntikan dari deponya (tempat suntikan).

Haid baru akan datang kembali pada umumnya setelah 6 bulan, inilah kemungkinan yang terjadi pada Anda. Dan ini berarti kesuburan Anda sudah kembali. Namun, Jika menstruasi terus berlanjut, jumlah yang banyak atau menimbulkan nyeri yang hebat, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri kepada dokter kebidanan dan kandungan untuk diketahui penyebab perdarahannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar