Sukses

Konsumsi Vitamin Saat Hamil

17 Jun 2017, 17:21 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dokter, saya kan sedang hamil. Lalu vitamin yang di berikan itu dosisnya diminum setelah makan. Tapi saya selalu minumnya sekitar 3 jam setelah makan. Karna saya minumnya saat mau tidur. yang saya tanyakan, kira-kira berpengaruh burukkah terhadap janin saya jika saya minumnya 3 jam setelah makan?

Terima kasih telah bertanya mengenai konsumsi vitamin saat hamil menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya, izinkan kami menyampaikan sedikit informasi mengenai konsumsi vitamin saat hamil. Vitamin dan mineral dibutuhkan oleh tubuh, baik gender perempuan maupun lelaki untuk menjaga tubuh tetap sehat. Vitamin dan mineral dibutuhkan untuk mengganti sel tubuh yang mati. Vitamin dan mineral banyak terdapat dalam makanan, sayur-sayuran hijau dan buah-buahan, akan tetapi sangat jarang makanan rutin sehari hari tercukupi dengan kadar vitamin dan mineral. Karena itu sangat dianjurkan bagi seseorang mendapat tambahan vitamin dan mineral setiap hari.

Perempuan hamil, tentunya membutuhkan kalori yang ekstra dibandingkan perempuan tidak hamil, sebab membutuhkan tambahan kalori untuk pertumbuhan bayi dan perangkat tambahan lainnya dalam sistem keesimbangan kehamilan, misalnya plasenta, dan sel plasma darah.

Kebanyakan seorang perempuan dewasa butuh 2100 kalori, yang berasal dari karbohidrat, protein dan lemak, sedangkan untuk perempuan hamil dan laktasi membutuhkan tambahan 700 kalori. Kalori tambahan diperlukan untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin. Asupan gizi yang baik seorang ibu hamil mendukung bayi tumbuh sehat dengan cakupan berat badan saat lahir dalam 38-40 minggu dengan kisaran 2500 sampai 4000 gram. Bayi dikategorikan berat badan lahir rendah, bila berat kurang dari 2500 gram dan dikategorikan besar jika berat diatas atau sama dengan berat 4000 gram.

Evaluasi apakah kehamilan seorang ibu sehat atau kurang sehat bisa dilihat dari meningkatnya penambahan berat badan ibu dari sebelum hamil. Selain itu, juga dapat dilihat dari tingginya dalam ukuran senti puncak rahim dari dari tulang kemaluan (simpisis pubis). Normal tambahan berat badan dikategorikan normal selama kehamilan dengan kisaran 7-12 kg, sedangkan kisaran tinggi puncak rahim dari tulang kemaluan dengan kisaran 32-40 sentimeter.

Saat Hamil muda. ibu hamil sering dikeluhkan dengan mual muntah, sehingga membuat ibu hamil menjadi kurus karena tidak ada asupan makanan yang masuk. Keadaan ini kurang baik bagi kesehatan ibu dengan usia kehamilan hamil muda, karena asupan makanan yang kurang bisa berakibat ibu hamil menjadi sakit berat sampai pada gangguan ginjal karena cairan tubuh yang kurang. Sedang bagi bayi awalnya relatif aman karena bayi masih dalam kategori pertumbuhan pasif. Karena itu keadaan mual muntah ini harus kita cegah dengan memberikan obat yang penekan mual muntah.

Tetapi dibalik semua itu ada beberapa obat yang penting dikomsumsi bagi golongan ibu saat hamil muda yakni asam folat. Asam folat sangat dibutuhkan untuk mencegah gangguan pertumbuhan otak dan selaput selubung saraf jabang bayi, gangguan tersebut misal berupa bayi yang lahir tanpa batok kepala. Selain itu asam folat juga bermanfaat mencegah ibu hamil terkena stroke dan kanker. Dosis asam folat yang dianjurkan 400 microgram per hari, dan secara umum dalam multi vitamin mengandung 600 sampai 1000 microgram asam folat.

Selain itu obat lain yang lazim digunakan adalah pil penambah darah atau lebih dikenal dengan tablet besi (sulfas ferosus). Obat ini bertujuan untuk membuat kadar hemoglobin dalam darah ibu hamil dalam batas normal yakni 11 gr. Bila kadar kurang dari 11 dikatakan ibu hamil kurang darah atau anemia. Anemia membuat kemampuan darah ibu mengikat kadar oksigen kurang, yang berpotensi mengganggu pertumbuhan bayi. Di lain keadaan, bila ibu kurang darah membuat daya meneran ibu saat bersalin kurang baik, sehingga masa bersalin (meneran), menjadi memanjang yang normal antara 1 sampai 2 jam. Keadaan ini membuat bayi lama di dasar panggul, sehingga sangat sering bayi lahir tidak menangis akibat kurang oksigen di otak. Keadaan suplai oksigen yang kurang dalam waktu lama bagi otak membuat bayi kurang cerdas. Hal inilah yang sering dibubungkan dengan kualitas persalinan yang baik menentukan kualitas generasi mendatang. Pil tablet besi ini sebaiknya dimakan saat kehamilan masuk trimester kedua atau saat usia kehamilan 20 minggu.

Asupan Kalsium dibutuhkan untuk menguatkan tulang dan gigi baik untuk ibu maupun bayinya, bila kadar asupan kurang, maka kebutuhan kalsium diambil dari tulang ibu, sehingga berpotensi membuat tulang ibu jadi keropos atau osteoporosis. Kalsium juga berperanan membuat sruktur sel saraf,otot dan sistim sirkulasi darah menjasi sehat. Decosahexoenoic acid (DHA) dalam asam lemak omega 3, merupakan suplemen tambahan yang dibutuhkan ibu hamil untuk mendukung berkembangnya otak dan mata bayi, dosis DHA yang dianjurkan adalah 200 mg perhari.

Masih banyak vitamin lain yang dibutuhkan dan sering diberikan saat ibu hamil berobat ke dokter akan tetapi beberapa jenis yang kami jelaskan di atas adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seorang ibu hamil. Jadi menjadi jelas bahwa suplemen vitamin dan mineral dibutuhkan selama asupan dalam makanan sehari-hari tidak cukup. Akan tetapi menjadi sebaliknya atau kata lain asupan tambahan tidak perlu bila asupan makanan sehari-hari sudah cukup mengandung kadar vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi dan kesehatan ibu hamil.

Terkait pertanyaan Anda seputar waktu mengonsumsi obat, kami menyarankan untuk mengonsumsi obat pada waktu yang telah dianjurkan oleh Dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai konsumsi vitamin saat hamil, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar