Sukses

Obat Asam Urat

17 Jun 2017, 16:17 WIB
Pria, 33 tahun.

Obat yang paten untuk menyembuhkan asam urat apa dokter?

Terima kasih telah bertanya seputar obat asam urat melalui fitur Tanya Dokter.

Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, namun dapat diobati dan dikontrol, karena itu memerlukan pengobatan jangka panjang. Obat yang anda konsumsi saat ini, yaitu colchicine berguna untuk mengobati proses peradangan dan mengurangi rasa sakit akibat penyakit gout sementara allopurinol berguna untuk menurunkan kadar asam urat dengan cara menekan produksi asam urat.

Nama obat yang terakhir anda sebutkan sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan colchicine, yaitu sebagai anti radang dan anti sakit, namun obat tersebut bekerja dengan cara yang berbeda. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan, pengaruh dari penggunaan obat tersebut untuk jangka pendek antara lain berupa perut kembung, diare, mual dan nyeri perut. Sedangkan pengaruh untuk jangka panjang antara lain stroke, gangguan lambung, perdarahan saluran cerna, gangguan ginjal, gangguan hati dan ganguan jantung. Akan tetapi baik pengaruh jangka pendek maupun jangka panjang yang mungkin terjadi, didapatkan pada penggunaan dosis tinggi yaitu > 400 mg/hari. Sehingga penggunaan obat tersebut dapat dikatakan relatif aman bila digunakan sesuai petunjuk dokter. Selain itu, persentase angka kejadian efek samping obat pada penelitian di atas juga relatif kecil, sehingga anda tidak perlu terlalu khawatir selama anda mengkonsumsi obat tersebut dibawah pantauan dokter.

Bila anda berencana untuk menggunakan obat tersebut secara rutin dan untuk jangka waktu yang lama, Kami sarankan agar anda rutin melakukan pemeriksaan laboratorium yang meliputi pemeriksaan darah lengkap dan kimia darah atau sesuai instruksi dokter anda serta berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar