Sukses

Batuk Berdarah

17 Jun 2017, 14:37 WIB
Pria, 21 tahun.

Assalamualaikum dok saya ingin bertanya. Sebelumnya saya deman beberapa hari, kemudian flu dan batuk (sedikit berdahak), saya sudah konsumsi obat, namun dua hari ini ketika siang hari keluar darah dari mulut saya berwarna merah cerah. Saya sakit apa ya dok?

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Terkait batuk darah yang Anda alami, apakah batuk darah tersebut banyak jumlah darahnya? Berapa banyak jumlah darah pada saat Anda batuk? Apakah darah muncul pada saat batuk atau pada saat muntah atau bersamaan dengan tersedak? Apakah terdapat dahak bersama dengan darah? Apakah Anda seorang perokok?

Batuk darah dapat disebabkan oleh banyak hal, yaitu:

1. Infeksi Tuberkulosis Paru (TBC Paru)

2. Infeksi paru (bronkitis, penumonia)

3. Kanker paru

4. Edema paru karena adanya masalah pada jantung

5. Iritasi saluran napas karena batuk yang terlalu keras

6. dll.

Selain itu, batuk darah juga perlu dikonfirmasi apakah dari saluran pernapasan atau merupakan darah dari saluran cerna. 

Untuk itu, sebaiknya Anda perlu mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung. Dokter juga mungkin memerlukan pemeriksaan penunjang seperti foto rontgen paru dan pemeriksaan darah. Setelah pemeriksaan lengkap, dokter dapat menyimpulkan kondisi kesehatan Anda dan mendiskusikan dengan Anda pilihan penanganan yang paling sesuai. Walaupun ada segala kemungkinan tersebut, tidak perlu khawatir dulu, karena yang paling sering terjadi adalah hanya disebabkan iritasi saluran napas tersebut yang tidak berbahaya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar