Sukses

Penyebab Nyeri Perut Bawah dan Pinggang

17 Jun 2017, 13:44 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok... Saya mengalami nyeri di bagian perut bawah sebelah Kanan terkadang juga nyeri di bagian pinggang sebelah Kanan. Itu penyebabnya APA ya dok ? Dan APA nama sakit yg saya alami itu. Mohon bantuan Dan penjelasanny. Terima kasih

Terimakasih telah mengajukan pertanyaan mengenai nyeri perut bawah dan pinggang melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sulit untuk memastikan penyebab nyeri perut bawah dan nyeri pinggang yang Anda alami tanpa melakukan pemeriksaan langsung.

Begitu banyak penyebab yang dapat menimbulkan keluhan nyeri perut bawah. Posisi perut bagian bawah terdiri dari kulit, otot, jaringan lemak dan penunjang, usus besar ataupun organ perkemihan. Salah satu gangguan dari organ diatas dapat menyebabkan keluhan nyeri perut bawah. Apabila disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan misalkan dapat terjadi IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). Sedangkan organ yang terletak di antara perut bawah dan paha terdiri dari ureter dan organ pencernaan (usus). Selain itu dapat juga karena ganggung berkemih, seperti infeksi yang sering menyebabkan nyeri perut bagian bawah.

Namun, penyakit ini baru dapat didiagnosis melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (X-ray tanpa kontras atau dengan kontras).

Sedangkan sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih, misal pada batu ginjal atau dismenorea. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba, yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai nyeri perut bawah dan pinggang, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar