Sukses

Muntah Saat Hamil

17 Jun 2017, 12:50 WIB
Wanita, 32 tahun.

Selamat siang dok...saya baru memasuki kehamilan 6 minggu...terkadang saya ngeflek dan pinggang sakit dok..apakah itu baik2 saja dok?trus saya kalau mual n muntah sehari itu cm 2 atau 3 kali aj...apa itu normal dok?kalau saya lihat pengalaman dari teman2 saya...mereka kalau mual n muntah dari pagi samapai malam dok...mohon penjelasannya dan terima ksh sblomnya

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Flek-flek berwarna coklat kehitaman merupakan gambaran yang menunjukkan adanya perdarahan ringan pada sistem reproduksi istri Anda. Penting untuk diketahui bahwa semua bentuk perdarahan yang keluar dari kemaluan wanita (vagina) yang sedang dalam kondisi hamil perlu mendapatkan perhatian lebih. Flek-flek tersebut bisa jadi merupakan suatu pertanda adanya masalah serius dan berbahaya bagi kehamilan istri Anda. Namun, memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah :

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah
  • Keguguran
  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)
  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang
  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri
  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

Mual dan muntah yang terjadi pada kehamilan diakibatkan karena perubahan hormonal yang umumnya terjadi di awal kehamilan (minggu ke 6-8, puncak pda minggu ke 12-14, dan membaik pada minggu ke-22) sampai badan wanita tersebut beradaptasi dengan peningkatan produksi hormon. Mual dan muntah dapat terjadi sepanjang hari namun memburuk di pagi hari karena perut yang kosong atau jika ibu hamil tidak makan dalam porsi yang cukup. Mual dan muntah ini biasanya terjadi pada 80 – 85% kehamilan selama triwulan pertama, dengan gejala muntah yang mengganggu sebesar 52%.

Apabila tidak ada keluhan yang terjadi selama kehamilan bukan berarti kehamilan tersebut tidak normal, karena mual dan muntah bukan ukuran dari kehamilan yang baik. Malah apabila anda tidak mual dan muntah anda bisa lebih leluasa makan makanan yang bergizi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar