Sukses

Anak Diare Setelah Minum Susu Formula

17 Jun 2017, 12:21 WIB
Wanita, 29 tahun.

Selamat malam dokter.. Saya mau tanya, anak saya usia 5bulan saya sudah 4 kali ganti merk susu formula (enfamil,bebelove,nutribaby,lactogen) kesemua merk itu bermasalah dengan BAB nya, terakhir cair dan berwarna hijau pekat.. Kemudian saya mencoba Bebelove fl (free lactosa) karna baru 1x saya coba minumkan belum BAB. apakah aman di konsumsi terus menerus untuk anak saya ya dok jika nanti dya tidak mengalami masalah diare seperti sebelum2nya? Golongan darah anak saya A sama dengan ayah nya, kebetulan ayah nya memang tidak bisa minum susu, selalu diare tiap habis minum susu.. apakah bisa menurun ke anak saya ya dok? Maaf menyebutkan merk. Mohon penjelasan nya dokter, terimakasih..

Terimakasih Anda telah mengajukan pertanyaan mengenai anak diare setelah minum susu formula melalui fitur Tanya Dokter.

Kami sangat memahami kekhawatiran Anda. Jika anak Anda baru saja mengonsumsi susu formula (merek apapun) yang mengandung protein susu sapi dan mengalami keluhan pencernaan seperti di atas, mungkin saja anak Anda memiliki alergi terhadap protein susu sapi. Salah satu cara mendiagnosis alergi susu sapi yang tepat adalah dengan challenge test. Anak akan disuruh untuk berhenti mengkonsumsi susu formula selama kira-kira 1 minggu, dan hanya mengonsumsi ASI dan , kemudian dokter akan menyuruh anak untuk menkonsumsi kembali susu tersebut. Jika timbul reaksi alergi yang sama, maka diagnosis alergi susu sapi dapat ditegakkan.

Apabila seorang anak benar menderita alergi susu sapi, sebaiknya anak tersebut menghindari segala makanan yang berbahan dasar susu sapi seperti keju, biskuit susu, dsb. Sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, dan susu nabati lain dapat menggantikan susu sapi, namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi alergi adalah dengan menghindari alergen penyebab. Gantilah susu yang dikonsumsi anak tersebut dengan susu lain yang lebih hipoalergenik (HA). Protein susu sapi dapat menimbulkan alergi yang menetap sampai akhir masa anak-anak. Meskipun demikian, biasanya alergi susu sapi akan hilang dengan sendirinya seiring dengan matangnya saluran pencernaan bayi (pada usia 2-3 tahun).

 

Jika kondisi ini sangat mengkhawatirkan Anda. Kami sarankan Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis anak yang menangani anak Anda untuk mengevaluasi gejala dan pengobatan..

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai anak diare setelah minum susu formula, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar