Sukses

Haid Setelah Nifas

17 Jun 2017, 11:52 WIB
Wanita, 33 tahun.

hi dok, 1.5 bulan lalu saya melahirkan lwt operasi caesar dan ASI eksklusif. saya sdh mengalami masa nifas selama 40 hari dengan rincian warna lokia sesuai dgn teori (dari warna merah sampai menjadi putih bening). namun pd hari ke 41 smp hari in saya keluar darah segar lagi disertai rasa sakit spt mens. yg ingin saya tanyakan apakah itu masih termasuk darah nifas atau sdh masuk darah haid atau itu efek kb suntik 3 bulan? terima kasih

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Masa nifas adalah masa setelah seorang ibu melahirkan hingga alat-alat kandungannya kembali seperti sebelum hamil. Masa nifas ini berlangsung kira-kira 6-12 minggu. Darah yang keluar di masa nifas merupakan pembersihan terhadap sisa-sisa kehamilan. Pada umumnya keluar sampai jangka waktu 40 hari. Setelah masa nifas selesai, diperkirakan fungsi alat-alat reproduksi telah normal kembali seperti sebelum hamil, karena itu menstruasi sudah dapat terjadi lagi.

Pada wanita yang tidak memberikan ASI kepada bayinya, 80% akan mendapatkan menstruasinya kembali dalam dalam 20 minggu setelah melahirkan. Pada wanita yang memberikan ASI kepada bayinya, proses kembalinya menstruasi akan berlangsung lebih lambat. Meskipun demikian, tidak menyingkirkan pula bahwa seorang wanita dapat mengalami menstruasi kembali dalam 1 bulan setelah melahirkan, karena proses menstruasi diatur oleh kadar hormon di dalam tubuh dan hal ini berbeda-beda pada setiap orang. 

Jadi pada kasus Anda mungkin saja ini adalah mulainya kembali Haid Anda. Apakah Anda disuntik KB? Itu juga bisa menjadi faktor penyebab. Kalau ingin bertanya lebih lanjut, kami sarankan untuk konsultasi langsung dengan dokter kandungan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar