Sukses

Berat Badan Bayi Susah Naik

17 Jun 2017, 11:24 WIB
Pria, 31 tahun.

As..wr.wb.. Permisi dok sya mau nanya,,5 bln yg lalu saya melahirkan bayi laki2 dngn brt 3,1kg tnggi 49cm..1 bln kmudian brat nya naik menjadi 5 kg..namun dr situ berat nya gk naik2 ,,skrng brat nya hanya 5,7 kg usia 5 bln dok,,,tlg dok solusi nya bagaimana menghadapi bayi saya yg tipe nya mudah muntah dan menyusu nya sedikit sekali padahal AsI saya beluber banyak dok,,,truz apakah dngn berat yg segitu jauh dari rata2 anak saya kekurangan gizi dok???jika iya tlng langkah apa yg harus saya lakukan,,apakah ASi saya kurang bagus jd perlu sufor dok??? Terimakasih dokter...

Terima kasih telah bertanya tentang berat badan bayi susah naik melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan.

Untuk melihat normal-tidaknya BB bayi adalah saat usianya mencapai 6 bulan dan 1 tahun. Di usia 6 bulan, BB bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. Kurang dari ini, BB nya bisa disebut rendah atau bayi kurus . Bayi kurus adalah yang saat lahir BB-nya rendah atau di bawah 2.500 gram.

Untuk mencapai berat badan ideal, harus diperhatikan pola pemberian makan pada bayi. Rekomendasi yang dianjurkan oleh WHO sebaiknya adalah ASI eksklusif selama 6 bulan pertama karena nutrisi yang dikandung oleh ASI mencukupi untuk kebutuhan gizi bayi sampai dengan usia 6 bulan. Setelah usia tersebut maka dianjurkan untuk memberikan makanan tambahan dengan konsistensi dari cair-semi padat-sampai padat secara perlahan-lahan.

Pada usia 6-9 bulan, dimulai makanan tambahan pendamping dari yang cair terlebih dahulu (susu formula) ditambah makanan halus seperti bubur susu, buah, dan sayuran. Makanan ini dihaluskan dan dimasak (tim halus). ASI dianjurkan diteruskan selama 1 tahun kehidupan. Bahkan jika memungkinkan untuk diteruskan hingga 2 tahun, justru hal ini lebih baik bahkan karena bayi mendapat manfaat yang lebih banyak. Bagaimana dengan jadwal MPASI anak Anda?

Pada usia 9-12 bulan, konsistensi makanan menjadi makanan semi-padat atau disaring, istilahnya tim saring. Usia ini kombinasi antara bubur susu, buah, tim saring. Makanan ini diberikan dengan tujuan untuk melatih kemampuan pergerakan rahang atas dan bawah dan melatih kemampuan mengunyah (penggunaan gigi apabila sudah ada). Selanjutnya dapat disajikan makanan dengan tekstur padat atau kasar.

Apabila berat badan tak kunjung bertambah, disertai keluhan medis seperti demam, gangguan pencernaan, atau bayi menjadi mudah menangis atau rewel, kami sarankan Anda memeriksakan anak Anda ke dokter spesialis anak untuk dievaluasi adakah faktor lainnya yang menyebabkan gangguan makan pada buah hati Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai berat badan bayi susah naik. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar