Sukses

IUD untuk Pemilik Rahim Pendek

16 Jun 2017, 20:16 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok 4 bulan yang lalu saya melahirkan secara sc..selepas nipas saya tidak mengalami menstruasi dan memutuskan untuk menggunakan kontrasepsi iud. Namun pada saat hendak dipasang bidan saya mengatakan rahim saya pendek. Bahkan alat kontrasepsi tersebut sudah terpasang tapi selang beberapa detik alat tsb lepas dengan sendirinya. Apakah masih memungkinkan saya mnggunakan AKDR tsb. Berbahayakah ? Mohon penjelasannya dok

Terima kasih sudah bertanya menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.
Kami mohon maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaan anda.

Memang sebelum melakukan pemasangan alat kontrasepsi IUD (Intra Uterine Device), maka doker akan melakukan pemeriksaan seberapa dalam rahim Anda. Pengukuran dimaksudkan untuk menetukan ukuran yang tepat bagi IUD yang akan dipasang. Ukuran normal rahim ialah 5 - 7 cm.

Sebenarnya banyak ukuran dari IUD yang dapat digunakan, kemungkinan pada tempat Anda berkonsultasi hanya tersedia IUD dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran rahim Anda, Terdapat beberapa jenis IUD yang memiliki ukuran untuk panjang rahim < 5 cm, sebagai contoh Multi Load IUD.

Multi Load IUD merupakan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) yang terbuat dari dari plastik (polyethelene) dengan dua tangan kiri dan kanan berbentuk sayap yang fleksibel. Panjangnya dari ujung atas ke bawah 3,6 cm. Batangnya diberi gulungan kawat tembaga dengan luas permukaan 250 mm2 atau 375 mm2 untuk menambah efektivitas. Ada 3 ukuran multi load, yaitu standar, small (kecil), dan mini.

Jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir, terdapat banyak ukuran dari IUD itu sendiri, yang disesuaikan dengan ukuran rahim setiap individu. Kami sarankan Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan untuk menentukan jenis dan ukuran IUD yang sesuai dengan ukuran rahim Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar