Sukses

Skoliosis dan Vertigo, Bisakah Melahirkan Normal?

17 Jun 2017, 10:22 WIB
Wanita, 28 tahun.

mau tanya,ini kehamilan anak pertama, sy hamil masuk 30weeks tpi masih was2 soal persalinan normal karena sy punya riwayat scoliosis, tulang ekor retak dan vertigo. Dgn semua riwayat penyakit diatas,apakah persalinan normal itu sangat berisiko utk sy?

Terima kasih telah bertanya tentang skoliosis dan vertigo dengan persalinan normal melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Scoliosis adalah kelainan pada tulang belakang (vertebra). Perlu ditelusuri lebih lanjut mengenai riwayat gangguan ini, apakah hal ini diderita dari lahir?

Kelainan pada vertebra, sering diikuti juga dengan kelainan bentuk tulang panggul (panggul patologik), sehingga menyulitkan untuk persalinan normal. Namun meninjau scoliosis-nya pada vertebra bagian atas(Thoraks), terdapat kemungkinan Anda bisa melahirkan dengan cara normal, namun dengan pengawasan ketat dalam hal kemajuan persalinan, sehingga kalau ada kelambatan atau gangguan posisi kepala janin, bisa dideteksi sedini mungkin dan harus dilakukan operasi.

Persalinan normal tidak akan memperberat scoliosis-nya. Mengenai operasi sesar, mengingat scoliosis diatas tulang lumbal 1, tampaknya tidak akan kesulitan untuk prosedur pembiusan. 

Sementara untuk vertigo, tidak ada masalah bagi penderita vertigo untuk melahirkan secara normal. Semua tergantung kondisi ibu dan janin saat menjelang persalinan. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai skoliosis dan vertigo dengan persalinan normal. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar