Sukses

Cedera Pergelangan Kaki

17 Jun 2017, 10:22 WIB
Pria, 25 tahun.

sore dok.mau tanya tanda ciri kerusakan jaringan kaki dan penyumbatan pembuluh darah atau ligamen sobek gimana?saya mengalami ankle kaki bengkak di sertai warna hitam meraj pucat slama 8bulan akibat trauma jatuh retak di gip.hasil ronsen tulang sudah ok.

Terima kasih telah bertanya tentang cedera pergelangan kaki melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Ijinkan kami menjelaskan mengenai cedera pergelangan kaki. Cedera pergelangan kaki antara lain dapat terjadi ankle sprain dan strain. Sprain adalah cedera akibat teregangnya ligamen (jaringan penghubung antar tulang) sehingga menimbulkan robekan. Sedangkan strain adalah cedera akibat teregangnya otot dan tendon. Gejalanya adalah nyeri, bengkak, kulit tampak kemerahan, dan tentunya akan mengganggu fungsi bagian yang terkena.

Pada saat terjadi regangan yang berlebihan dengan arah yang tidak biasa, terdapat beberapa kemungkinan yang dapat terjadi pada sendi :

  1. Peregangan dan memar pada otot atau ligamen (jaringan yang menghubungkan antar dua tulang). Keadaan ini dapat dikategorikan terkilir yang ringan
  2. Robekan pada ligamen yang dapat menyebabkan nyeri, bengkak, dan memar yang lebih berat dibandingkan keadaan pertama
  3. Putusnya ligamen menyebabkan ketidakstabilan pada sendi dan dapat ditemukan perdarahan di sekitar robekan yang tampak sebagai memar hebat. Meski tidak selalu, putusnya ligamen dapat disertai pergeseran tulang sehingga memerlukan tatalaksana intensif oleh dokter spesialis bedah tulang.

Untuk mengetahui komponen mana yang mengalami cedera dibutuhkan wawancara medis mendalam mengenai kronologis cedera, dan data lain yang dibutuhkan, serta pemeriksaan fisik dan penunjang secara langsung. Sebaiknya jangan berusaha mengobati diri sendiri atau melakukan pemijatan sebelum benar-benar dipastikan kerusakan apa yang terjadi akibat cedera yang Anda alami.

Cedera ankle jangan dianggap sepele karena dapat berdampak buruk bila tidak segera ditangani atau diatasi dengan cara yang salah. Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke pusat pelayanan medis yang memiliki fasilitas dan tenaga dokter yang memiliki keahlian khusus untuk mengatasi cedera pada ankle.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cedera pergelangan kaki. Semoga bermanfaat. Salam. 

0 Komentar

Belum ada komentar